Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Reksa Dana Pasar Uang?

Investasi Reksa Dana Pasar Uang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mencoba investasi di pasar modal. Namun, tetap mendapatkan passive income dengan risiko rendah.

Dengan risiko rendah inilah jenis investasi reksa dana satu ini cocok untuk pemula. Lalu, apa Itu reksa dana pasar uang dan apa keuntungannya?

Pengertian Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana Pasar Uang atau disebut juga RDPU adalah jenis investasi yang memiliki tujuan menjaga likuiditas tetap stabil, sehingga minim risiko. Instrumen investasi RDPU ditujukan pada efek yang bersifat utang dengan jangka waktu pendek.

Umumnya penempatan RDPU untuk 2 hal investasi yaitu investasi pasar uang dalam negeri dan instrumen pasar uang dengan efek utang seperti Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan lain-lain.

Dana yang dihimpun dari investor RDPU akan dikelola oleh manajer investasi (MI). Lalu, setelah setelah jatuh tempo kurang dari 1 tahun maka dana investasi dapat dicairkan.

Walau minim risiko, imbal hasil investasi terbilang kecil jika dibandingkan jenis reksa dana lainnya. Akan tetapi, lebih menguntungkan dari Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT) dan keuntungan di atas rata-rata dari tabungan konvensional.

Perbedaan reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap yang cukup mencolok yaitu terletak pada tingkat risiko. Yang mana pergerakan RDPT terbilang fluktuatif sehingga risiko pun cukup tinggi.

Sehingga, bagi pemula yang mau mencoba investasi bisa pilih RDPU terlebih dahulu. Karena, ada banyak keuntungan yang akan didapat.

Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang

Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang

Tujuan dari investasi tentunya untuk memperoleh keuntungan yang besar. Namun, pada umumnya semakin besar keuntungan maka semakin tinggi juga risiko yang harus Anda terima.

Sedangkan Anda memiliki budget terbatas untuk investasi dan belum siap dengan risiko tinggi. Untuk itu, hadir investasi reksa dana pasar uang dengan pencairan cepat dan keuntungan yang stabil.

Adapun keuntungan reksa dana pasar uang, yaitu:

Investasi Terjangkau

Tidak harus menyiapkan dana besar untuk bisa investasi di RDPU. Karena, hanya dengan 50 ribu rupiah Anda sudah bisa mendapatkan passive income dari investasi reksa dana ini.

Keuntungan Lebih Tinggi

Walau modal yang dikeluarkan kecil, keuntungan yang didapat cukup tinggi dan stabil dibandingkan Reksa Dana Pendapatan Tetap. Yang mana imbal hasil RDPU bisa dalam satu tahun bisa mencapai 4-7%.

Likuiditas Tinggi

Tidak ada yang dapat menebak kondisi pasar. Khususnya pasar saham, berbeda ketika investasi di RDPU walau pasar tidak stabil dana dapat Anda cairkan tanpa kena penalti walau belum jatuh tempo.

Risiko Rendah

Reksa Dana Pasar Uang memiliki tingkat risiko yang cukup minim. Bahkan saat kondisi pasar tidak stabil, tingkat fluktuasi tidak begitu terpengaruh dengan kondisi tersebut. Yang mana RDPU cocok untuk pemula dan investor konservatif.

Tidak Termasuk Objek Pajak

Saat berinvestasi tidak menutup kemungkinan akan dikenakan pajak, akan tetapi untuk investasi reksa dana pasar uang bukan termasuk objek pajak. Dengan begitu, profit yang akan diterima tetap utuh tanpa ada pemotongan pajak.

Mulai Investasi Reksa Dana Pasar Uang di Manulife

Reksa dana pasar uang dikelola oleh Manajer Investasi dan salah satunya yaitu Manulife. Dengan investasi RDPU di Manulife dana akan dikelola dengan tepat dan profesional, serta sudah mendapatkan izin dari Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Produk reksa dana pasar uang online dari Manulife terbagi atas investasi umum dan syariah. Dengan jangka waktu investasi mulai dari 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun.

Anda juga dapat cek perbandingan reksa dana pasar uang vs pendapatan tetap dengan jenis reksa dana lainnya. Yang mana Nilai Aset Bersih (NAB) dan Year to Date (YTD) bisa dilihat secara transparan di website Manulife.

Termasuk perubahan harian apakah ada kenaikan atau malah turun. Sehingga, Anda bisa menentukan dengan tepat jenis reksa dana apa yang akan dipilih sebagai investasi jangka pendek.

Adapun produk-produk reksa dana pasar uang dari Manulife yang bisa Anda pilih, diantaranya:
  1. Manulife Dana Kas Utama
  2. Manulife OVO Bareksa Likuid
  3. Manulife Dana Kas II Kelas A
  4. Manulife Indonesia Money Market Fund Kelas A
  5. Manulife Dana Kas Syariah Misbah I
  6. Manulife Dana kas Syariah
  7. Manulife Dana Kas Utama II
Demikian informasi mengenai investasi reksa dana pasar uang untuk Anda yang ingin menyimpan dana dengan mendapatkan imbal hasil lebih tinggi dari simpanan konvensional. Kunjungi website Reksa Dana Manulife untuk tau lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Apa itu Reksa Dana Pasar Uang?"