Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatur Keuangan Bulanan untuk Gaji UMR

Tips Mengatur Keuangan Bulanan untuk Gaji UMR - Banyak yang mengira jika untuk memiliki kehidupan ekonomi yang cukup dan stabil itu dengan gaji yang melimpah, padahal tidak demikian. 

Anda bisa merasakan kekeluasaan ekonomi dengan hidup sederhana. Hidup sederhana tidak berarti tak bisa bersenang-senang dan membeli barang-barang-barang hobi, tetap bisa namun dengan beberapa pertimbangan.

Tips Mengatur Keuangan Bulanan untuk Gaji UMR

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika ingin mengatur keuangan walau dengan gaji UMR sekalipun. Seperti apa? Simak tips finansial di bawah ini untuk Anda dengan penghasilan minimun rata-rata :

Terapkan 50 – 30 – 20

Ini adalah teori untuk mengatur keuangan yang ditulis Elizabeth Warren di bukunya, adapun 50 – 30 – 20 adalah persentase alokasi gaji Anda untuk setiap pos pengeluaran.

Catat, 50% untuk kebutuhan harian sebulan, misalnya kebutuhan makan, berbagai cicilan, tagihan bulanan dan lain sebagainya.

30% untuk keinginan Anda, contohnya untuk budget jalan-jalan, pergi ke mall, membeli koleksi baru dan sebagainya. Anggaran ini khusus untuk kesenangan Anda dan jangan menggunakan lebih dari persentase ini.

20% sisanya digunakan untuk investasi dan tabungan masa depan. Akan tetapi sebelum berinvestasi, jauh lebih dianjurkan untuk mengeluarkan anggaran tersebut untuk tabungan terlebih dahulu.

Mengapa harus tabungan yang didahulukan? Sebab jika memiliki tabungan maka akan selalu ada simpanan darurat yang bisa diandalkan. Apalagi jika terjadi sesuatu yang tak disangka-sangka, dengan adanya tabungan maka semua akan terasa lebih ringan.

Tabungan tersebut biasa disebut juga sebagai dana darurat, dan paling tidak jumlah amannya adalah sekitar 3 – 6 bulan gaji Anda.

Jadi misalnya terjadi masalah kesehatan yang membuat Anda tak bisa bekerja sementara waktu, dengan adanya dana darurat maka sementara bisa mengandalkan dana tersebut hingga Anda kembali bisa bekerja.

Membuat Catatan Keuangan

Ketika Anda telah membuat daftar anggaran keuangan yang harus dibayar, maka ikuti anggaran tersebut. Anda pasti bisa mengendalikan pengeluaran setiap hari, dengan cara selalu mencatatnya di buku catatan khusus dan jadikan catatan tersebut untuk bahan evaluasi Anda.

Jika tercatat dengan rapi, maka Anda pun bisa melihat pos mana saja yang memungkinkan Anda untuk melakukan penghematan tambahan.

Jangan Sampai Besar Pengeluaran Tapi Kecil Penghasilan

Banyak yang mengeluhkan gaji UMR tak cukup untuk hidup sebulan, tetapi ia mengoleksi baju mewah, tas mahal, kendaraan bagus dan lain sebagainya. Ternyata bukan gaji UMR yang salah, melainkan gaya hidupnya yang terlalu menjulang tinggi.

Tahukah Anda jika kondisi keuangan seseorang itu bukan dipengaruhi oleh jumlah pendapatannya, melainkan oleh pengeluarannya yang besar. Adapun pengeluaran itu memiliki ikatan yang erat dengan gaya hidup Anda.

Maka karena itu, jangan sampai besar pasak daripada tiang. Lebih besar pengeluaran daripada penghasilan, yang berimbas pada kehidupan ekonomi yang morat-marit, akhirnya pinjam sana sini dan kelabakan sendiri.

Ubah gaya hidup Anda, hidup semampunya tanpa memaksakan diri untuk terlihat lebih wow di mata orang lain. Yang terpenting Anda cukup makan, memiliki tempat tinggal yang nyaman, kondisi tubuh sehat dan punya kendaraan untuk mobilitas Anda walau kendaraan sederhana sekalipun.

Ikuti Arisan

Ternyata dengan ikut arisan bisa membantu Anda dalam menabung, lho. Caranya dengan mengikuti arisan dengan teman Anda yang terpercaya, atau sesama kolega dan bisa juga di lembaga yang terpercaya. Anda tak perlu ikut arisan dengan jumlah yang besar, mulai dari 50 – 100 ribu Rupiah juga sudah cukup dan tidak akan membebani Anda. Supaya pembayarannya tidak jadi beban, maka pilih tanggal arisan yang dekat dengan tanggal gajian, ya.

Kemudian saat Anda memenangkan arisan, maka simpan uang tersebut ke dalam cadangan dana darurat atau juga diinvestasikan. Jangan digunakan untuk berfoya-foya.

Gunakan Celengan untuk Menabung

Menabung di celengan mungkin terdengar kekanakkan, namun pada kenyataannya ini adalah tips menabung yang paling simple dan menyenangkan. Anda hanya cukup memasukkan berapapun uang yang Anda miliki di dalam celengan tersebut. Jangan tergoda membongkarnya sebelum waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Itulah dia beberapa tips mengatur keuangan untuk Anda dengan gaji UMR. Untuk mendapatkan informasi seputar finansial dan tips keuangan, bisa kunjungi jalantikus.com/finansial/ dan jadilah orang yang mapan secara finansial.

Posting Komentar untuk "Tips Mengatur Keuangan Bulanan untuk Gaji UMR"