Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Fungsi dari Full Body Safety Harness?

Pada beberapa jenis project dan pekerjaan lapangan, penggunaan ​​full body harness menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Sebab ​​full body harness merupakan salah satu dari alat keselamatan esensial yang dirancang secara khusus untuk para pekerja yang berada dalam area konstruksi bangunan tinggi.

Tentunya sebagai keselamatan dan kesehatan kerja (K3) alat ini menawarkan banyak fungsi penting bagi para penggunanya. Apa saja itu? Simak jawabannya para artikel berikut ini!

3 Fungsi Utama Full Body Harness

Fungsi Utama Full Body Harness

Secara umum, Body harness merupakan alat safety ketinggian yang digunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan vital saat seorang pekerja mengalami kecelakaan.

Biasanya alat ini digunakan untuk melindungi tubuh pekerja yang beraktivitas di atas ketinggian atau pemanjat tebing sehingga tetap mampu bergerak dengan bebas sekaligus menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal.

Tentu bila berbicara mengenai full body harness berarti adanya fitur gabungan untuk menopang bagian pinggul, kaki atas, hingga dada serta bahu. Berikut adalah fungsinya utamanya!

1. Melindungi Pekerja dari Risiko Jatuh

Safety body harness double lanyard ini melibatkan perlindungan pada seluruh bagian tubuh.

Biasanya produk ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, dengan desain yang dirancang untuk menahan tekanan yang dihasilkan oleh tubuh saat jatuh.

Oleh karena itulah salah satu alat ini disertai dengan pengait body harness yang dipasangkan pada objek yang aman sehingga penggunanya tidak perlu khawatir akan jatuh saat beraktivitas.

Sebab saat seorang pekerja terjerembab atau jatuh, harness akan menahan tubuhnya dengan cara menyebar beban secara merata sehingga mencegah cedera parah.

2. Distribusi Beban yang Merata

Selain itu, body harness double lanyard juga didesain dengan pengikatan pada beberapa titik sepanjang tubuh pekerja.

Lanyard sendiri merupakan tali pengikat yang biasa digunakan dalam safety harness untuk menahan guncangan dan mendistribusikan beban secara merata.

Fitur inilah yang memungkinkan distribusi beban lebih merata saat terjadi tekanan, sehingga mengurangi risiko cedera pada titik-titik tertentu di tubuh.

Dengan demikian, harness membantu mengurangi tekanan yang ditanggung oleh tulang belakang dan organ internal saat terjadi jatuh.

3. Koneksi ke Sistem Pengaman Lain

Terakhir, alat ini juga dilengkapi dengan pengait harness atau kait pengaman yang memungkinkan pekerja terhubung dengan sistem pengaman lainnya, seperti tali pengaman atau kabel baja.

Fitur ini akan memberikan perlindungan tambahan dan memastikan bahwa pekerja tetap terikat dengan aman saat bekerja di ketinggian atau di lingkungan berbahaya lainnya.

Dapatkan Harga Full Body Harness Terbaik Hanya di Mega Jaya


Berkaca dengan betapa pentingnya penggunaan alat safety ketinggian yang berkualitas untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pekerja di lingkungan konstruksi tinggi, maka membuat Anda harus memikirkannya dengan matang.

Oleh karena itu, jika Anda sedang mencari ​​full body harness berkualitas dengan pilihan brand berpengalaman serta harga yang terjangkau, maka Mega Jaya dapat jadi solusi paling tepat.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan harga tali pengaman safety harness terjangkau namun dengan kualitas terbaik.

Jadi tunggu apa lagi? ​​pilih full body harness terbaik di Mega Jaya dan rasakan keunggulan produknya sekarang!

Posting Komentar untuk "Apa Fungsi dari Full Body Safety Harness?"