Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu SAP Business One dan Fungsinya

Pernahkah Anda mendengar SAP Business One? Sebuah sistem yang dapat membantu Anda mengelola catatan keuangan serta berbagai proses dalam perusahaan. Mari belajar SAP Business One yang dapat Anda lakukan secara otodidak maupun bersama SAP partner.

Apa itu SAP Business One?

SAP adalah singkatan dari system, application and product. SAP business one adalah sebuah program/perangkat lunak manajemen bisnis (ERP) yang digunakan untuk menjalankan dan mengelola berbagai area manajerial di sebuah perusahaan seperti bidang keuangan.

Sebagai sebuah program yang cukup kompleks, harga SAP business one terbilang cukup terjangkau. Untuk itu, program ini dirancang untuk digunakan oleh perusahaan, bukan perorangan. Tetapi manfaat ERP sistem ini sangat berguna untuk efisiensi operasional perusahaan kecil maupun besar.

Fungsi dan Keuntungan SAP Business One

Fungsi dan Keuntungan SAP Business One

1. Fungsi dan Fitur SAP Business One

  • Fungsi utama SAP adalah untuk menyimpan dan mengelola berbagai informasi bisnis Anda dalam satu sistem. Sistem ini dapat memudahkan karyawan dalam mengakses informasi di mana pun sehingga tercipta efisiensi operasional perusahaan.
  • Fitur SAP Business One sangat beragam. Misalnya manajemen akuntansi dan keuangan, manajemen produksi dan gudang, customer relationship manajemen, pembelian dan pengadaan, hingga analisa dan laporan.

2. Keuntungan Menggunakan SAP One Business

  • Melalui Business one SAP, Anda bisa merasakan berbagai keuntungan seperti sistem yang berkualitas dan minim error sehingga jarang terjadi kendala atau gangguan yang dapat mempengaruhi bisnis Anda.
  • Sistem SAP juga memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan secara rinci dan detail. Ini sangat berguna pada perusahaan dalam mengelola setiap informasi dan data dalam jumlah banyak dan meminimalkan terjadinya kesalahan.
  • Investasi ERP sistem seperti SAP di perusahaan dapat mengurangi biaya operasional secara menyeluruh, meningkatkan revenue, mengurangi resiko kecurangan dan kelalaian.

Belajar SAP Business One

Sebagai sebuah sistem yang cukup kompleks, mengoperasikan SAP business one memang memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Hampir semua perusahaan yang menggunakan program ini pun memanfaatkan jasa konsultan SAP melalui Graphical User Interface (GUI).

Namun, untuk menggunakan program ini Anda juga bisa mempelajarinya sendiri tanpa membayar jasa konsultan.

1. Otodidak

Setelah melakukan SAP business one download, Anda bisa mempelajari SAP secara otodidak melalui berbagai literasi yang ada maupun melalui internet.

Namun, saat ini masih cukup sulit menemukan modul pembelajaran SAP yang lengkap dan tepat sehingga belajar otodidak kurang disarankan.

2. Training dengan Mentor

Cara belajar SAP yang disarankan adalah dengan belajar langsung bersama ahlinya. Misalnya melalui workshop atau pelatihan khusus SAP business one. Belajar bersama ahlinya dapat memberikan Anda informasi yang lebih lengkap dan jelas.

Selain itu, Anda dapat melakukan pengoperasian program SAP yang didampingi oleh mentor sehingga apabila terdapat kesalahan bisa langsung dikoreksi secara langsung.

SAP Partner

Cukup banyak SAP partner di Indonesia atau perusahaan yang menawarkan ERP sistem SAP business one untuk digunakan oleh perusahaan, seperti Be One Solution dengan berbagai fitur andalannya untuk menunjang efisiensi operasional perusahaan Anda.

Tentunya, setiap perusahaan yang menawarkan ERP sistem Indonesia akan menyediakan tutorial SAP business one Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, sesuai kebutuhan Anda.

Anda perlu memastikan fitur yang ada pada program SAP yang ditawarkan oleh SAP Partner sesuai dengan kebutuhan perusahaan, misalnya seperti fitur Beone Analyzer pada SAP Be One Solution untuk membantu mengelola informasi bagi sales manager.

Setelah mengenal SAP business one, jangan ragu untuk menginvestasikan ERP sistem demi meningkatkan efisiensi operasional bisnis perusahaan Anda.

Untuk mendapatkan SAP yang tepat, pelajari dengan spesifik apa saja fitur yang ditawarkan, harga SAP business one yang sesuai dengan budget Anda, serta reputasi perusahaan tersebut yang dapat dilihat pada situs resminya.

Posting Komentar untuk "Apa itu SAP Business One dan Fungsinya"