Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Membuat Bakmi Jawa

Bakmi jawa atau yang juga dikenal sebagai mi jawa, merupakan mie yang dimasak diatas tungku tanah liat menggunakan api yang terbuat dari arang.

Ciri khas dari mie tersebut terletak pada pembuatannya, dimana si penjual akan memasak mie satu per satu meskipun ramai pelanggan. Selain itu, bakmi yang berasal dari jawa tersebut juga seringkali ditambahkan suwiran ayam kampung dan telur bebek ke dalam masakan.

Penjual dari bakmi jawa ini tersebar luas di seluruh Indonesia, namun akan paling mudah menemukannya di kota-kota provinsi Jawa Tengah seperti Solo, Magelang, Purwokerto, Karanganyar, Kebumen, Semarang dan kota-kota lainnya.

5 Bakmi Jawa Enak di Jogja

Bakmi Jawa Enak di Jogja

1. Bakmi Mbah Gito

Jika anda sedang berlibur ke kota Jogja, tempat makan mie jawa Mbah Gito yang terletak di Jalan Nyi Ageng Nis No.9 ini wajib masuk ke daftar list kuliner yang akan anda kunjungi.

Terkenal di kalangan para wisatawan dan masyarakat lokal, harga dari bakmi yang disediakan tempat makan ini berkisar antara Rp.20.000 sampai Rp.35.000 saja.

2. Bakmi Mas Timbul

Rekomendasi bakmi jawa enak di jogja berikutnya ada bakmi dari Mas Timbul yang beralamat di Jalan Jambon No.63 Kragilan Kricak.

Tempat makan Mas Timbul ini menyediakan bakmi khas jawa, lengkap dengan topping tambahan seharga Rp.5.000 - Rp.10.000 yang bisa anda pilih sendiri sesuai keinginan. Sedangkan untuk harga dari bakmi jawa kuah nya hanya sekitar Rp.19.000 saja.

3. Bakmi Pak Pele

Bagi anda warga kota Jogja mungkin sudah familiar dengan tempat makan bakmi Pak Pele ini. Tempat makan bakmi Pak Pele ini merupakan bakmi jawa terdekat dengan alun-alun kota Jogja.

Jadi jika anda sedang jalan-jalan di sekitar alun-alun Jogja, jangan lupa untuk mampir ke tempat makan Pak Pele ini.

4. Bakmi Pak Gundul

Tempat makan Pak Gundul ini menyediakan berbagai makanan khas kuliner kaki lima khas Yogyakarta. Anda bisa menikmati Bakmi jawa, magelang dan sego hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.17.000 saja.

Kalau anda berada di sekitar jalan Sorogenen, Sorosutan kota Yogyakarta, jangan sampai lupa untuk mampir ke tempat makan mie khas jawa ini.

5. Bakmi Kadin

Terakhir anda perlu mencicipi Bakmi yang di jual di tempat makan Kadin yang berlokasi di Jl. Bintaran Kidul no.6, Wirogunan, Kec.Mergangsan, Yogyakarta.

Bakmi yang dijual di tempat makan Kadin ini, dibuat satu per satu setiap porsinya. Sehingga punya rasa yang nikmat dengan cita rasa yang khas.

Resep Bakmi Jawa Enak dan Mudah Dibuat


Jika di kota tempat anda tinggal sulit menemukan penjual bakmi jawa, kini anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan cepat. Cukup ikuti resep dan step by step berikut.

Bahan :
  • 200 gr mie telur ( bisa tambahkan sedikit bihun jika anda ingin )
  • 200 gr daging ayam yang sudah disuwir-suwir
  • Kaldu ayam untuk kuah
Bumbu :
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang daun seledri
  • 2 lembar kubis
  • 2 butir kemiri, haluskan
  • 3 siung bawang putih halus
  • 5 buah bawang merah, iris-iris tipis
  • ½ sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Bumbu penyedap sesuai selera
  • Bawang goreng
Cara membuat bakmi jawa :
  1. Siram mie telur dan bihun (jika anda digunakan) menggunakan air panas, diamkan beberapa saat sampai tekstur mi sesuai dengan keinginan anda, lalu tiriskan.
  2. Setelah itu sisihkan mi, kemudian tumis bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Dimulai dari menumis bawang putih dan kemiri halus juga bawang merah iris.
  3. Lalu, masukkan kubis dan daging ayam yang sudah disuwir-suwir. Kemudian aduk rata.
  4. Step selanjutnya, anda perlu memasukkan kaldu ayam dan biarkan sampai mendidih.
  5. Setelah kuahnya mendidih, anda bisa memasukkan mi yang sudah disiram air panas sebelumnya.
  6. Step terakhir, anda bisa menambahkan garam dan bumbu penyedap lainnya sesuai dengan selera anda. Untuk lebih nikmat, anda dapat menambahkan bawang goreng.
Resep di atas merupakan cara membuat mie Jawa kuah, namun juga bisa anda jadikan sebagai bumbu bakmi goreng jawa hanya saja tidak menggunakan kaldu ayam sebanyak bakmi kuah.

Bakmi Jawa merupakan mi yang berasal dari Jawa dan memiliki ciri khasnya sendiri, tak heran kalau bakmi jawa terkenal juga disukai oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia.

Tidak hanya Indonesia, bahkan makanan ini juga cukup digemari di negara tetangga seperti Malaysia juga Singapura, dan dikenal sebagai mee rebus.

Nah, jika anda masyarakat Indonesia terutama yang berada di sekitaran Yogyakarta, sangat wajib untuk mencicipi kelima rekomendasi bakmi jawa enak di jogja di atas.

Namun, jika di daerah tempat anda tinggal tidak ada yang menjual bakmi khas Jawa ini, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep bakmi jawa yang sudah kami tulis di atas.

Resep yang simpel dengan tata cara yang sederhana, membuat siapa saja dapat memakan bakmi khas pulau Jawa tersebut.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Membuat Bakmi Jawa"