Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Belajar Bahasa Jawa, Cepat Bisa!!

Anda ingin belajar bahasa Jawa? Namun masih bingung mau dimulai dari mana? Tenang, kami akan memberikan tips belajar bahasa Jawa agar cepat bisa dan dapat dengan mudah menghafal kosakata yang sering digunakan.

Orang Jawa memang terkenal ramah dan sangat mudah membaur dengan masyarakat manapun di berbagai daerah Indonesia bahkan sampai mancanegara.

Bahasa Jawa juga cukup populer di Indonesia karena banyak orang-orang Jawa yang menggunakan bahasa Jawa ini dalam kehidupan sehari-hari sehingga orang-orang di luar jawa pun mulai tertarik untuk mempelajari bahasa yang satu ini.

Apalagi jika ada orang-orang yang merantau ke Pulau Jawa, sudah barang tentu mereka akan mempelajari Bahasa Jawa sedikit demi sedikit agar mudah dalam melakukan sosialisasi dengan masyarakat setempat.

Oleh sebab itu, mempelajari bahasa jawa tentu merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kita agar mudah bersosialisasi dengan masyarakat atau orang-orang Jawa itu sendiri.

Atau mungkin Anda sendiri yang sedang membaca artikel ini adalah keturunan orang Jawa tapi kurang menguasai bahasa daerahnya sendiri karena dalam keseharian sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia.

Unggah Ungguh Dalam Bahasa Jawa

Perlu diketahui, dalam bahasa Jawa itu sendiri memiliki beberapa tingkatan atau biasa disebut dengan unggah ungguh.

Penggunaan unggah ungguh atau tingkatan dalam bahasa Jawa disesuaikan dengan lawan bicara kita. Dibawah ini 5 pengelompokkan bahasa Jawa menurut unggah ungguh atau aturan penggunaannya.
  • Basa Ngoko : dibagi menjadi dua jenis, yaitu Ngoko Lugu dan Ngoko Alus (Andhap) yang dibagi ke dalam dua jenis bahasa yaitu Antya Basa dan Basa Antya.
  • Basa Madya : dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Madya Ngoko, Madya Krama dan Madyantara.
  • Basa Krama : dibagi menjadi lima jenis, yaitu Mudha Krama, Kramantara, Wreda Krama, Krama Inggil dan Krama Desa.
  • Bahasa Kedaton.
  • Bahasa Kasar.
Ada banyak bukan? Jangan pusing dulu, mari kita belajar sedikit demi sedikit bahasa Jawa yang sering dipakai saja. Kebanyakan orang jawa kemungkinan lebih sering menggunakan bahasa Ngoko Lugu, Ngoko Alus dan bahasa Krama karena lebih umum digunakan di kehidupan sosial bermasyarakat.

Tips Belajar Bahasa Jawa dengan Cepat

Tips Belajar Bahasa Jawa, Cepat Bisa!!

Dibawah ini kami sudah merangkum beberapa tips belajar bahasa Jawa dengan cepat dan mudah. Simak dengan seksama ya.

1. Mempelajari Tingkatan Bahasa Jawa

Sudah sempat disinggung diatas, bahasa Jawa memiliki beberapa tingkatan sesuai dengan aturan penggunaannya. Bahasa Ngoko mungkin lebih familiar terdengar di masyarakat Jawa, begitu juga bahasa Krama.

Bahasa Ngoko lebih sering digunakan untuk lawan bicara yang seumuran sedangkan bahasa Krama lebih ditujukan untuk digunakan pada orang yang lebih tua dari kita.

2. Pahami dan Kuasai Kosakata yang Sering Digunakan

Jika kita sering mendengar seseorang berbicara dengan bahasa Jawa, coba Anda ingat-ingat kata atau kalimat yang sering diucapkan dan cari tahu arti dari kosakata atau kalimat yang sering Anda dengar.

Apabila Anda sudah mulai paham beberapa kalimat dan kosakata dalam bahasa jawa, catat dan carilah kosakata yang belum pernah anda dengar atau pahami. Ingat-ingat kembali kosakata yang sulit Anda hafal dan kalau pun lupa, Anda bisa membuka catatan yang telah dibuat sebelumnya.

3. Ingat dan Praktekkan

Anda tidak perlu malu untuk langsung mempraktekkan apa yang Anda ketahui. Apalagi jika Anda langsung mempraktekkan bahasa Jawa yang telah dikuasai dengan orang Jawa langsung, tentu jika terdapat kesalahan arti atau makna Anda akan diberitahu oleh orang Jawa tersebut.

Sekalipun logat Anda terdengar aneh oleh orang yang Anda ajak berkomunikasi merasa geli ketika mendengarnya, Anda tidak perlu terbawa perasaan, katakan saja saya sedang belajar berbicara menggunakan bahasa Jawa. 

Pasti lawan bicara Anda akan memaklumi Anda dan bahkan bisa saja mengajari Anda arti dan makna kata-kata yang mungkin belum Anda pahami.

4. Bertanya kepada Orang yang Lebih Tahu

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami kalimat atau kosakata tertentu dalam bahasa Jawa, Anda tidak perlu malu untuk bertanya kepada orang yang lebih tahu.

Kami yakin jika orang tersebut paham arti dan makna bahasa yang Anda tanyakan, pasti orang tersebut akan memberitahukannya dengan senang hati. Biasanya para orang tua keturunan Jawa lebih menguasai bahasa Jawa jika dibandingkan anak-anak muda.

Hal ini dikarenakan nilai-nilai budaya yang mulai luntur tergerus zaman dan anak-anak muda sekarang lebih sering menggunakan bahasa gaul dibandingkan bahasa daerahnya. Namun untuk beberapa pemuda milenial keturunan Jawa lebih sering menggunakan bahasa Ngoko Lugu dalam bersosialisasi.

Dengan bertanya langsung kepada orang yang lebih paham mengenai bahasa Jawa, Anda akan lebih mudah untuk mengingatnya jika dibandingkan mencari tahu sendiri melalui internet. 

Apalagi tiap-tiap daerah memiliki logatnya masing-masing, dengan bertanya kepada orang Jawa setempat, akan mempermudah Anda dalam memahami logat Jawa yang ada di daerah tersebut.

5. Baca Buku Pepak Bahasa Jawa

Buku Pepak Bahasa Jawa sangat bagus untuk Anda yang sedang mempelajari bahasa Jawa. Jika Anda memiliki budget yang cukup, usahakan untuk membeli buku ini, karena buku ini dapat membantu Anda dalam belajar dan menyerap bahasa Jawa.

6. Mencari Tahu di Internet

Di era digital seperti ini hampir semua informasi terdapat di internet. Anda dapat mencari tahu arti dan makna dari kosakata yang belum Anda ketahui di internet. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk menambah kosakata bahasa Jawa. Anda bisa belajar dari situs https://mpotimes.com/belajar-bahasa-jawa.

Itulah beberapa tips belajar bahasa Jawa dengan cepat dan mudah. Dengan mengikuti tips diatas mudah-mudahan Anda akan lebih cepat mahir dalam berbahasa Jawa.

Posting Komentar untuk "6 Tips Belajar Bahasa Jawa, Cepat Bisa!!"