Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daftar Ikan yang Mengandung Kolesterol Jahat

TanyaIndonesia.com - Kolesterol jahat sangat berbahaya bagi tubuh, sebab bisa menyebabkan plak yang kemudian mengendap dan menyumbat di pembuluh darah. Apabila hal itu terjadi, maka bisa terjadi serangan jantung dan stroke. Oleh sebab itu hindari makanan yang mengandung kolesterol jahat.

Ikan dan makanan laut lainnya memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat, asam lemak omega 3 juga ada di dalamnya dan bagus pula untuk kesehatan otak serta jantung Anda. Hanya saja beberapa macam makanan laut ternyata mengandung kolesterol tinggi, yang bisa membuat kadar kolesterol jahat Anda naik.

4 Daftar Ikan yang Mengandung Kolesterol Jahat

Daftar Ikan yang Mengandung Kolesterol Jahat

Maka karena itu, hindari beberapa makanan laut dengan kandungan kolesterol tinggi berikut ini:

1. Lobster

Penderita kolesterol tinggi juga jangan mengonsumsi lobster, walaupun kadar kolesterolnya tidak lebih tinggi dibandingkan dengan udang. 

Bahkan bisa dibilang jika lobster kandungan kolesterolnya paling rendah jika dibandingkan dengan seafood yang lain, sebab dalam 84 gram lobster, hanya ada 60 mg kolesterol saja. Beda dengan kerang yang pada jumlah yang sama mengandung 90 mg kolesterol. 

Supaya kandungan kolesterolnya tidak bertambah, jangan memasaknya dengan minyak maupun mentega. Contohnya saja dipanggang, supaya kandungan kolesterolnya tetap sama dan tidak bertambah. 

2. Udang

Udang adalah salah satu makanan laut dengan banyak penggemar, walau bisa menyebabkan alergi namun rasa lembut dari udang mampu mengalihkan perhatan. 

Tetapi untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, baiknya hindari udang sebab di dalam 100 gram udang terkandung 189 mg kolesterol, hal itu disampaikan oleh United States Department of Agriculture.

Bahkan bisa bertambah apabila Anda mengonsumsi udang goreng tepung. Sekalipun rasanya sangat lezat, baiknya Anda berhati-hati dalam memilih makanan supaya tidak menaikkan kadar kolesterol Anda.

Masih boleh mengonsumsi seafood, tetapi panggang saja sehingga kadar kolesterolnya tidak terlalu banyak bertambah. 

3. Tiram dan Kerang

Belakangan ini sedang trend seafood yang dimasak saus padang atau asam manis, lalu disantap bersama-sama dalam satu meja tanpa piring. Mengasyikan, tetapi hati-hati kolesterol bisa meningkat dengan drastis lho.

Itu karena kerang dan tiram adalah seafood dengan kolesterol yang tinggi, misalnya saja di dalam 12 buah tiram yang ukuranya sedang, atau 12 kerang ukuran sedang, terkandung 80 mg kolesterol. 

Tetapi jika dibandingkan dengan yang lainnya, jenis makanan laut yang satu ini memang bisa makan banyak dengan kadar kolesterol yang standar. 

4. Kepiting

Siapa yang tak tahu kepiting? Rasanya juga lezat dan bisa dimasak dengan bumbu apapun. Tetapi bagi Anda dengan kadar kolesterol jahat tinggi, sebaiknya urungkan niat untuk mengonsumsinya, ya. 

Sebab kandungan kolesterol yang ada di dalamnya terbilang tinggi, yaitu dalam 84 gram kepiting ternyata terdapat sebanyak 95 mg kolesterol lho. 

Memang jumlah ini tidak sebesar yang ada dalam udang, akan tetapi dibandingkan lobster kandungannya memang lebih besar.

Apabila ingin mengonsumsi kepiting, maka jangan dimasak dengan tambahan minyak, mentega, atau bahan lainnya yang bisa meningkatkan kadar kolesterolnya. 

Bisa juga dengan mengakalinya dengan menambahkan aneka sayuran yang bisa mengikat kolesterol jahat dari dalam darah, sehingga tidak terlalu memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Itulah dia beberapa jenis ikan makanan laut yang mengandung kolesterol jahat. Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlampau tinggi, sebaiknya puasa dulu mengonsumsi seafood, ya! 

Jangan lupa untuk melakukan banyak aktivitas yang mengharuskan banyak bergerak, supaya metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan itu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.  

Posting Komentar untuk "4 Daftar Ikan yang Mengandung Kolesterol Jahat"