Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Memilih Sewa Gudang yang Tepat

Semakin banyaknya permintaan akan produk akan berdampak terhadap bahan baku yang dibutuhkan bertambah. Dampak lainnya adalah tempat untuk menyimpannya tidak sanggup menampung lagi. 

Untuk menambah ruang penyimpanan ada dua cara yaitu dengan membangun gudang baru atau sewa gudang. Cara kedua yang bisa segera didapatkan, efektif waktu, dan sudah tentu banyak pilihan gudang. Berbeda dengan membangun yang membutuhkan waktu.

Untuk sewa gudang ada tips yang bisa Anda lakukan. Agar tidak salah menyewa warehouse yang akhirnya menambah pengeluaran keuangan perusahaan. Agar bisa tepat pilihan gudang, Anda bisa melakukan tips di bawah ini.

6 Tips Memilih Sewa Gudang

6 Tips Memilih Sewa Gudang

1. Tentukan Fungsi Gudang

Sebelum memilih warehouse yang akan disewa sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu fungsi gudangnya. Ada dua fungsi gudang yaitu untuk penyimpanan dan pendistribusian.

Warehouse penyimpanan ada yang berfungsi untuk bahan baku, hasil produksi, stok barang, maupun barang setengah jadi.

Gudang pendistribusian ada yang hanya untuk transit sementara atau pusat transit. Barang-barang perusahan e-commerce biasanya membutuhkan warehouse untuk transit barang dari supplier ke konsumen.

2. Luas Gudang

Tips kedua adalah mengecek luas gudang. Sesuaikan dengan kebutuhan barang yang akan disimpan. Jangan sampai terlalu luas atau kecil. Sebisa mungkin temukan luas gudang yang cukup dan ruangan yang dibutuhkan.

Luasnya gudang menentukan biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai menyisakan ruang banyak dan tidak dipakai. Hal ini akan menambah beban keuangan.

3. Lokasi Warehouse

Jangan sampai Anda tidak mengecek dulu lokasinya. Tentukan yang bisa dilewati oleh transportasi kendaraan besar, karena untuk membawa barang biasanya menggunakan truk-truk besar.

Kalau jalan menuju gudang tidak mudah dijangkau akan menambah beban biaya transportasi. Pekerjaan jadi tidak selesai dan menghambat pendistribusian.

Carilah lokasi yang dekat dengan jalan tol, jalan raya, pelabuhan, bandara, dan di kota. Jangan mudah tergiur dengan biaya sewa murah tapi transportasi susah.

4. Fasilitas yang Diberikan

Tanyakan kepada penyedia warehouse fasilitas yang akan didapatkan. Misalnya parkir yang luas, AC, toilet, internet, dan lainnya. Ada fasilitas pengecekan barang maupun laporan stok dari pihak penyedia atau perusahaan.

Kebersihan gudang, keamanan, juga cek bagungan gudang. Apakah bangunan baru, kokoh, tidak layak untuk digunakan. Jangan sampai barang menjadi rusak karena tidak bersih, atap yang bocor, dan banyak tikus berkeliaran.

5. Tentukan Waktu Sewa

Rentang penyewaan hanya seminggu, sebulan, tiga bulan, atau setahun. Tentukan berapa lama untuk menyimpan barang. Jika membutuhkan waktu yang lama misalnya bertahun-tahun, Anda bisa mencoba satu tahun dahulu.

Hal ini untuk mengecek bagaimana kenyamanan dari penyewa gudang. Misal tidak sesuai dengan janji dari penyedia gudang tidak rugi banyak.

Tiap penyedia menawarkan waktu penyewaan yang berbeda-beda. Dapatkan sewa gudang yang sesuai dengan waktu yang Anda butuhkan. Bisa juga dengan negosiasi waktu jika tidak tertera pada tawaran.

6. Cari Penyedia Warehouse Terpercaya

Terakhir carilah penyedia yang terpercaya dan kualitas pelayanannya bagus. Anda bisa melihat dari ulasan perusahaan lain yang pernah menyewa penyedia tersebut. Atau bisa dilihat dari fasilitas yang diberikan. Pilihan layanan sewa gudang yang terpercaya salah satunya di Shipper.

Jasa sewa gudang Shipper memberikan layanan warehouse untuk berbagai macam penyimpanan perusahaan. Kelebihan dan fasilitas dari Shipper Gudang, berikut ini:
  • Sudah memiliki pengalaman dalam hal penyimpanan, pengemasan, hingga pengiriman barang.
  • Lokasi gudang yang dekat dengan jalan raya dan berada di kota. Sehingga sangat terjangkau dari mana saja.
  • Terdapat paket layanan Shipper yang menguntungkan Anda.
  • Pengecekan stok barang yang berkala ditampilkan di dashboard Shipper.
  • Cek kondisi barang yang datang dan di gudang.
  • Telah terintegrasi dengan banyak ekspedisi untuk pengiriman barang.
  • Layanan sewa gudang ada di banyak titik kota di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan barang di luar kota.
  • Layanan Shipper tersistem dari terima barang, barang keluar, hingga laporan akhir.
Dengan menggunakan Shipper, Anda tidak perlu khawatir akan jumlah barang, urusan kirim barang, dan stok barang yang ada. Anda bisa fokus ke pengembangan perusahaan. Sewa gudang dengan Shipper banyak untungnya.

Posting Komentar untuk "6 Tips Memilih Sewa Gudang yang Tepat"