Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kegunaan Manpower Planning dalam Perusahaan?

TanyaIndonesia.com - Sumber daya manusia (SDM) adalah faktor terpenting dalam perusahaan. Tanpa adanya SDM yang mumpuni, perusahaan tidak akan mampu mengoperasikan bisnis dengan lancar. Untuk mempersiapkan SDM yang cakap, perusahaan membutuhkan manpower planning.

Manpower planning disebut juga sebagai perencanaan SDM, yaitu sebuah program perencanaan untuk menentukan kebutuhan perusahaan atas tenaga kerja, berapa banyak karyawan yang dibutuhkan, hingga bagaimana cara mendapatkan tenaga kerja yang paling cocok dengan perusahaan.

Kegunaan Manpower Planning dalam Perusahaan

Apa Kegunaan Manpower Planning dalam Perusahaan?
Kegunaan Manpower Planning
Perencanaan SDM ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk memastikan semua jajaran dalam perusahaan diisi oleh personil terbaik sesuai kualifikasi masing-masing. Dengan begitu, setiap lini dapat bersinergi dengan baik dan mampu menunjang operasional bisnis secara keseluruhan. Lalu, apa saja kegunaan manpower planning dalam perusahaan?

Menghindari Kekosongan Posisi

Keluar masuk karyawan dalam perusahaan sering kali mengakibatkan delay untuk mendapatkan pengganti karyawan yang meninggalkan posisi kosong. Kekosongan posisi ini akan menghambat progress operasional perusahaan. Namun, dengan perencanaan SDM yang baik, HRD bisa merencanakan untuk mencari pengganti karyawan jika karyawan yang bersangkutan mengajukan resign.

Meningkatkan Produktivitas

Karyawan yang mumpuni dan menguasai kompetensi tertentu mampu mengerjakan segala tugasnya dengan baik dan benar. Jika pun karyawan tersebut menemukan kendala dalam kinerjanya, karyawan tersebut akan sangat antusias untuk menyelesaikan dan mengatasi kendala tersebut.
Memastikan Anggaran Rekrutmen Berjalan Tepat Guna

Anggaran untuk melakukan rekrutmen tidaklah sedikit. Jika HRD perencanaan kebutuhan sumber daya manusia lebih rinci, anggaran untuk rekrutmen pun dapat diminimalisir dan dikelola dengan baik untuk mendapatkan karyawan yang benar-benar dibutuhkan perusahaan.

Menjamin Kualitas SDM

Manpower planning akan menempatkan karyawan yang sesuai di posisi yang tepat. Selain dapat meningkatkan produktivitas, penempatan yang tepat ini dapat membantu karyawan meningkatkan kualitasnya. Sehingga dapat dipastikan setiap posisi akan diisi oleh personil yang berkualitas dan secara kontinu tetap mengasah perkembangan dirinya.

Menjaga Fungsi Manajerial

Fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sudah sepatutnya dijaga dengan baik agar operasional perusahaan tetap berjalan lancar. Implementasi perencanaan tenaga kerja yang baik secara tidak langsung ikut mendukung fungsi manajerial tetap berada dan berjalan sesuai rencana.

Maksimalkan Manpower Planning dengan Aplikasi HRIS

Tanggung jawab HRD seputar ketenagakerjaan sendiri cukup banyak, mulai dari tugas yang bersifat strategis seperti perencanaan tenaga kerja dan perencanaan pelatihan sampai yang bersifat administratif seperti penggajian dan pencatatan kehadiran. Hal ini menyebabkan HRD sering kewalahan khususnya jika jumlah karyawan dalam perusahaan cukup banyak.

Salah satu rekomendasi Software HRIS terbaik di indonesia adalah LinovHR

Software HRIS terbaik di indonesia adalah LinovHR
LinovHR
LinovHR menyediakan aplikasi HRIS terbaik untuk membantu perusahaan memaksimalkan pengelolaan karyawan, termasuk manpower planning.

Dengan aplikasi HRIS dari LinovHR, perusahaan dapat merancang perencanaan SDM lebih sistematis dalam satu pusat. Sehingga perencanaan manpower planning dapat berjalan lebih rinci dan transparan di antara jajaran HRD. Ingin tahu lebih lengkap?

Hubungi LinovHR dan jadwalkan demo aplikasi HRIS sekarang juga!

Posting Komentar untuk "Apa Kegunaan Manpower Planning dalam Perusahaan?"