Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen?

Cara menghilangkan ketombe adalah salah satu hal yang dicari oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini tentu wajar dengan iklim tropis di Indonesia, lebih rentan berujung pada kulit kepala yang kurang sehat.

Apabila Anda adalah salah satu orang yang mencari solusi untuk mengatasi ketombe, maka artikel ini adalah bacaan yang tepat. Misalnya saja Anda ingin mencari cara menghilangkan ketombe bayi.

Bisa juga Anda sedang mencari cara menghilangkan ketombe tanpa keramas. Agar rasa penasaran Anda terjawab, simak tulisan singkat ini hingga usai, ya!

Pengertian, Penyebab, dan Jenis-jenis Ketombe

Ada beberapa cara menghilangkan ketombe yang dapat Anda terapkan. Namun sebelum beranjak ke langkah-langkahnya, alangkah baiknya apabila Anda memahami pengertian dan penyebabnya terlebih dahulu.

Pada dasarnya, ketombe adalah serpihan-serpihan kering yang muncul pada kulit kepala. Adapun kondisi ini umum terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. Bahkan anak kecilpun bisa saja memiliki kondisi ini.

Adapun menghilangkan ketombe dengan cepat hanya bisa dilakukan apabila Anda memahami penyebabnya, lalu dilanjutkan dengan perawatan yang tepat. Simak berbagai penyebabnya berikut ini:

Jarang Mencuci Rambut

Ini dia nih faktor penyebab yang paling sering ditemui di masyarakat. Ingatlah selalu bahwa ada minyak, sel kulit mati, dan kotoran yang perlu dibersihkan dari kulit kepala. Jika didiamkan dapat menumpuk dan menjadi ketombe.

Kulit Kering

Kondisi ini berkebalikan dengan kulit berminyak. Saking keringnya dan kurangnya hidrasi pada tubuh, kulit kepala kemudian mengering dan berujung pada serpihan-serpihan ketombe.

Penyakit Kulit

Ketombe juga dapat disebabkan oleh penyakit kulit, yakni dermatitis seboroik dan dermatitis kontak. Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit yang umum, sedangkan dermatitis kontak disebabkan oleh penggunaan produk tertentu.

Jamur

Anda perlu mengetahui bahwa ada jamur yang hidup di kulit kepala, salah satunya adalah malassezia sp. Sesungguhnya jamur ini tidak berniat jahat, tetapi jika jumlahnya berlebihan dapat berujung menjadi ketombe.

7 Bahan Pembasmi Ketombe Alami dan Permanen

Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen?

Kini saatnya Anda mengetahui berbagai cara menghilangkan ketombe. Simak penjelasannya berikut ini:

Tea Tree Oil

Bahan yang satu ini sudah lama diketahui ampuh dan cocok untuk menghilangkan ketombe dengan cepat. Dengan kandungan anti bakteri dan anti inflamasi, ketombe dan dermatitis dapat diatasi.

Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari bahan ini. Gunakan saja shampo Tresemme Scalp Care. Sesuai nama variannya, sampo ini khusus digunakan untuk meredakan ketombe.

Minyak Kelapa

Pada dasarnya kulit membutuhkan asupan vitamin E yang cukup agar tetap sehat, termasuk kulit kepala. Untuk mengatasi ketombe, vitamin E dapat Anda peroleh dari minyak kelapa dan termasuk penghilang ketombe yang ampuh.

Cukup siapkan satu sendok minyak kelapa lalu oleskan secara merata pada kulit kepala (kondisi kering). Pijat lembut selama beberapa saat, lalu diamkan selama 30-60 menit dan bilas hingga bersih.

Lidah Buaya

Tanaman ini dapat membasmi jamur sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kulit kepala. Bahan alami seperti ini cocok untuk menghilangkan ketombe bayi.

Anda hanya memerlukan satu batang saja setiap kali perawatan. Keluarkan dagingnya lalu oleskan pada kulit kepala secara merata. Tunggu selama 15 menit dan bilaslah hingga bersih.

Larutan Cuka Apel

Cuka apel mengandung pH asam yang efektif memberantas ketombe. Anda hanya memerlukan seperempat gelas saja setiap kali perawatan.

Campurkan cuka apel dengan air secukupnya, lalu oleskan ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30-60 menit, akhiri dengan bilas hingga bersih.

Minyak Kemiri

Selain menumbuhkan rambut, minyak kemiri ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi ketombe. 30 menit sebelum keramas, oleskan minyak kemiri secara merata, diamkan beberapa saat, lalu bilas saat keramas.

Pilih salah satu bahan yang paling cocok untuk Anda. Namun cara paling sederhana tentunya adalah dengan keramas secara rutin. Gunakan saja shampo Tresemme varian Scalp Care untuk menghilangkan ketombe secara permanen.

Kini Anda sudah mengetahui berbagai cara menghilangkan ketombe. Anda bisa mulai mencobanya dari sekarang. Selamat membasmi ketombe, ya!

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen?"