Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengusir Tikus di Restoran

Restoran merupakan salah satu tempat yang harus selalu terjaga kebersihannya, hal tersebut tidak lepas dari perannya yang menyediakan makanan untuk para tamu yang datang.

Restoran sendiri harus selalu menjaga kehigienisan seluruh peralatan yang digunakan untuk memasak dengan begitu maka pelanggan akan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh restoran.

Untuk menjaga kebersihan di restoran maka harus menggunakan kitchen equipment yang berkualitas dan tidak mudah terkontaminasi kotoran.

Salah satu kitchen equipment yang bagus adalah berbahan alumunium, selain ringan dan tahan lama barang-barang yang terbuat dari bahan aluminium lebih mudah dibersihkan jika dibandingkan bahan lainnya.

Kebersihan juga sangat berpengaruh terhadap serangan hewan tak terduga seperti kecoa atau tikus.

Dapur restoran yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya menjadi salah satu sasaran empuk dari tikus untuk mencari makan, tikus sendiri adalah hewan yang bisa menyebabkan penyakit bagi manusia.

Oleh sebab itu ketika sudah ada tanda-tanda tikus masuk ke bagian dapur maka harus segera mencari cara mengusir tikus rumahan agar tidak menimbulkan masalah di dalam dapur.

Cara Mengusir Tikus di Restoran

Cara Mengusir Tikus di Restoran

Lalu bagaimana cara mencegah tikus di restoran? Untuk mengetahui caranya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

1. Cari Tahu Asal Muasal Tikus Masuk

Tikus sendiri ada beberapa macamnya mulai dari tikus sawah hingga tikus rumahan. Sebenarnya apapun jenis tikusnya untuk mengusirnya pertama-tama harus mencari tahu dulu dari mana tikus bisa masuk ke restoran.

Kemudian baru menentukan cara mengusir tikus rumah secara alami agar tidak menimbulkan masalah baru.

Karena jika menggunakan obat tikus di rumah atau restoran akan sangat berbahaya karena rentan dimakan oleh hewan lain seperti kucing.

2. Rajin Membersihkan Area Dapur

Tikus paling sering masuk lewat dapur, karena dapur merupakan tempat penyimpangan bahan makanan yang dicari oleh para tikus.

Jalan masuknya sendiri cukup beragam mulai dari celah yang ada sampai melalui cable support system yang ada di dapur, oleh sebab itu pemasangan dinding maupun aksesoris di dapur harus diperhatikan dengan benar.

Mulai sekarang jika Anda bekerja atau pemilik resto maka harus dipastikan agar dapur selalu dalam keadaan bersih terutama saat akan ditinggal oleh karyawannya agar menghindarkan dari serangan tikus.

3. Mengelola Sampah Dengan Baik

Agar terhindar dari serangan tikus di restoran maka pengelolaan sampah harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Jangan sampai pengelolaan sampah tidak benar sehingga membuat banyak sampah menumpuk di area dapur, itu akan membuat tikus menjadi lebih mudah terpancing untuk masuk ke dapur.

harus ada jadwal tetap dan tepat waktu dalam hal pengangkutan sampah dari dapur ke tempat pembuangan akhir.

4. Tutup Lubang Masuk Tikus

Setelah melakukan tiga hal diatas maka hal selanjutnya untuk mengusir tikus dari restoran adalah dengan menutup seluruh jalur masuk tikus misalnya di cable support system yang ada di dapur.

Jalur perkabelan sangat rentan jadi jalan masuk tikus sehingga harus diperhatikan dengan benar.

5. Menggunakan Peralatan Dapur yang Berkualitas

Upaya selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan kitchen equipment yang berkualitas.

Dengan menggunakan kitchen equipment yang baik maka Anda sebagai pemilik restoran tidak perlu khawatir jika ada serangan tikus. Misalnya seluruh peralatan tidak ada yang terbuat dari kayu maka tikus tidak akan mampu mengikutinya.

Sebenarnya selain melakukan tindakan pencegahan seperti di atas dalam mengusir tikus yang masuk ke restoran bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur.

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

Kalau di sawah cara mengusir tikus sawah secara alaminya menggunakan asap maka di dapur bisa memanfaatkan bahan-bahan makanan untuk mengusir tikus.

1. Bawang Bombay dan Baking Soda

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk mengusir tikus dari dapur restoran adalah campuran antara bawang bombay dengan baking soda.

Dengan bahan alami ini maka tidak akan menyebabkan bahaya untuk orang lain atau hewan yang tidak sengaja memakan campuran ini.

2. Lada Hitam dan Garam

Campuran bahan alami selanjutnya yang sangat ampuh untuk mengusir tikus adalah campuran lada hitam dan garam.

Bau menyengat dari kedua bahan tersebut diyakini membuat tikus tidak akan kembali lagi ke dapur dan akan pergi jauh dari tempat tersebut.

3. Menggunakan Tanaman Peppermint

Aroma dari minyak peppermint dipercaya ampuh untuk mengusir tikus dari dapur, untuk caranya sendiri cukup mengoleskan minyak peppermint ke kapas.

Kemudian kapas tersebut ditempatkan di bagian tikus sering muncul maka nanti tikus tersebut tidak akan kembali lagi.

Cara Lain Mengusir Tikus

Ternyata selain bahan alami ada suara untuk mengusir tikus yang cukup ampuh untuk membuat tikus minggat dari tempat tersebut

Untuk mengusir tikus dengan suara ultrasonik caranya cukup mudah, Anda cukup mencari suara ultrasonik khusus untuk mengusir tikus kemudian disalurkan ke speaker Anda dan hadapkan speaker ke lubang tempat tikus masuk.

Jika tikus masih berada di sekitar tempat tersebut dapat dipastikan tikus akan segera pergi dan tidak kembali lagi.

Jadi kesimpulannya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir tikus di restoran yang pertama adalah menjaga kebersihan restoran, kemudian mengusir tikus dengan bahan alami dan yang terakhir adalah mengusir tikus dengan suara.

Setelah mengetahui caranya Anda tidak perlu bingung lagi jika ada tikus yang masuk ke dapur restoran Anda.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengusir Tikus di Restoran"