Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Penting Cloud Server dalam Dunia Bisnis

Perkembangan Teknologi dan Informasi membantu kita pada segala hal, termasuk pada dalam dunia bisnis. Bisnis Anda pasti memiliki data yang besar dan akan terus bertambah seiring perkembangannya. Untuk itu, Anda membutuhkan cloud server dan big data analytics.

Apa pengertian cloud server dan big data analytics? Big data analytics adalah sebuah proses menggali informasi dengan cara menganalisis kumpulan data yang berjumlah besar. Dalam bisnis biasanya digunakan untuk mengetahui trend pasar, preferensi konsumen, dan sebagainya.

Big data analytics sangat membantu perkembangan bisnis, namun karena produksi data yang besar ini, maka Anda pasti perlu pengelolaan dan penyimpanan data yang baik. Maka dari itu, di sinilah cloud server berperan penting.

Cloud server merupakan tempat penyimpanan sekaligus pengelolaan data pada server virtual yang dapat diakses secara mudah untuk membantu mengorganisir berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan.

Cloud server hosting terletak di berbagai lokasi, Anda bisa memilih menggunakan server yang mana. Ada cloud server Indonesia, cloud server Singapore, Amazon Cloud Server, dan sebagainya. Anda bisa membandingkan dan mencari informasinya di Internet.

Peran cloud server sangat penting untuk sebuah bisnis karena berbagai macam manfaat dan keunggulannya. Apa saja manfaat cloud server dalam dunia bisnis? Berikut penjelasannya.

Manfaat Cloud Server Indonesia dalam Bisnis

Manfaat Cloud Server Indonesia dalam Bisnis

1. Tanpa Modal Investasi

Cloud server bisa anda gunakan dengan menyewa platform yang telah disediakan oleh provider yang menyediakan layanan cloud. Platform tersebut diakses secara online, sehingga Anda tidak perlu membeli perangkat komputer dan jaringan yang mahal untuk membangun sistem.

2. Hemat Biaya Pengeluaran

Provider cloud biasanya akan menawarkan harga yang terjangkau untuk bisnis Anda. Jadi Anda hanya perlu membayar sesuai dengan kebutuhan sewa selama menggunakan jasa cloud tersebut.

Selain itu tidak ada biaya maintenance untuk perangkat sistem bila Anda memiliki perangkat sendiri. Hal ini akan membantu manajemen keuangan dalam mengelola biaya pengeluaran operasional bisnis Anda.

3. Keamanan Terjamin

Jika menggunakan cloud server, data perusahaan Anda akan terjamin keamanannya. Berbeda dengan penyimpanan manual dengan dicetak ataupun disimpan pada perangkat pribadi seperti laptop maupun harddisk yang mudah rusak atau hilang.

Cloud server tersimpan di data center tertentu dengan tingkat keamanan berstandar internasional, dan juga terdapat sistem auto backup untuk dobel proteksi. Terutama pada cloud server hosting.

Cloud server hosting merupakan gabungan beberapa server virtual. Cloud server hosting meningkatkan keamanan karena apabila salah satu server down, maka dapat dibantu oleh server lainnya sehingga mengurangi risiko.

4. Akses Mudah dan Fleksibel

Untuk mengakses data pada cloud server, Anda maupun karyawan tidak harus menggunakan perangkat yang sama. Anda bisa mengakses data dengan perangkat apapun dan dimanapun selama terhubung dengan internet.

5. Pengelolaan Data Terpusat dan Terintegrasi

Dengan memanfaatkan cloud server, Anda bisa menyatukan seluruh data di satu tempat, sehingga lebih terorganisir dan terintegrasi dengan baik. Jika Anda membutuhkan suatu data, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah karena sudah tersusun dengan rapi.

6. Skalabilitas Tinggi dan Cepat

Kebutuhan cloud server pasti berbeda di setiap perusahaan. Anda bisa mengatur kapasitas storage dan bandwidth server sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Cloud server bisa ditingkatkan atau dikurangi secara cepat tanpa peralatan tambahan. Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam mengatur biaya pengeluaran perusahaan Anda.

7. Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Tentu saja, keunggulan dan manfaat utama dari cloud server adalah kapasitas penyimpanan yang besar, hingga mencapai Terabytes (TB). Walaupun kapasitas besar dengan kumpulan data yang banyak, Anda tetap dapat dengan mudah menemukan data yang dibutuhkan secara cepat.

Kapasitas yang besar juga mendukung penggunaan cloud server dalam jangka panjang. Tidak seperti menyimpan data pada perangkat komputer, semakin banyak data akan semakin mengurangi kinerja perangkat Anda. Adanya cloud server dapat mengatasi problem tersebut.

8. Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Cloud server ini juga membantu dalam pengelolaan situs web perusahaan. Kinerja situs web dipengaruhi oleh kecepatan server yang digunakan.

Berdasarkan sebuah studi, 40% calon pembeli online akan menutup web jika halaman web tersebut membutuhkan lebih dari 3 detik untuk dimuat. Lalu, sebanyak 79% calon pembeli online yang tidak puas pada kinerja situs, cenderung akan berhenti membeli di situs yang sama.

Studi tersebut membuktikan pentingnya kinerja dan kecepatan situs dalam perkembangan bisnis. Tidak hanya pada sektor e-commerce, hal ini bisa berlaku pada semua bisnis.

Bahkan bisnis yang sudah memulai penggunaan cloud server mengakui adanya peningkatan layanan pelanggan, peningkatan keuntungan, hingga mencapai efisiensi bisnis yang lebih baik. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan daya saing bisnis.

Umumnya, provider cloud akan membantu membuat cloud server dan Anda hanya perlu membayarnya, contohnya Amazon Cloud Server. Namun, ada juga cloud server Indonesia yang memberi keleluasaan pada Anda untuk membuat server sendiri.

Cara membuat cloud server akan diberikan oleh tiap penyedia jasa. Biasanya Anda perlu menginstall software tertentu untuk membuat server. Membuat cloud server sendiri mungkin tidak mudah, tetapi Anda bisa lebih leluasa dalam penggunaannya.

Nah, sudah paham pentingnya cloud server untuk bisnis Anda? Saatnya tentukan cloud server Indonesia pilihan Anda. Pastikan memiliki pelayanan yang baik untuk menjamin keamanan data perusahaan Anda.

Posting Komentar untuk "Seberapa Penting Cloud Server dalam Dunia Bisnis"