Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Traveling Light: Karena Barang Bawaan Banyak Sudah Ketinggalan Zaman

Hobi traveling memang identik dengan generasi milenial dan generasi Z. Senang sekali rasanya bila bisa mewujudkan rencana traveling yang sudah lama dibuat. Namun, barang bawaan yang terlalu banyak sering merepotkan dalam perjalanan, terutama jika kamu tidak menyewa villa berkapasitas besar. Kalau tak mau direpotkan dengan setumpuk barang bawaan, mungkin sudah waktunya kamu menganut gaya traveling light yang super praktis.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan traveling light?

Yuk, cari tahu informasi selengkapnya agar kamu bisa segera mempraktikkannya!
 Traveling Light: Karena Barang Bawaan Banyak Sudah Ketinggalan Zaman

Mari Traveling Tanpa Direpotkan Barang Bawaan!

Traveling light dapat didefinisikan sebagai prinsip bepergian dengan barang bawaan ringkas, tanpa banyak koper dan tanpa bagasi (jika menggunakan pesawat terbang). 

Meskipun barang bawaan jauh lebih sedikit daripada biasanya, bukan berarti kamu boleh mengabaikan barang-barang kebutuhan yang penting. 

Kamu harus tetap membawa barang-barang penting tersebut agar bisa berhemat selama traveling. Ukuran dan pengemasannya harus diperhatikan secara cermat supaya tidak merepotkanmu.

Memilih Jenis Tas yang Tepat

Jenis tas yang paling tepat untuk traveling light adalah ransel berukuran sedang. Bila kamu menggunakan ransel, maka kamu tak akan repot menata sejumlah barang bawaan. Kamu tinggal mengemas barang-barang secara terpisah sebelum memasukkannya ke ransel. 

Nantinya, ransel pun bisa dibawa bepergian ke mana saja tanpa harus repot menenteng tas tambahan lainnya. Risiko barang bawaan tercecer dan hilang pun dapat diminimalkan.

Trik Mengemas Barang secara Praktis

Pakaian dan produk kebersihan biasanya paling menyita kapasitas barang bawaan. Oleh sebab itu, kamu wajib menyiasatinya secara praktis dengan prinsip traveling light. 

Bawalah beberapa helai pakaian berwarna netral yang bisa digunakan selama dua hari. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi setengah jumlah pakaian yang harus kamu bawa selama traveling.

Untuk urusan perlengkapan kebersihan, bawalah produk dalam ukuran kecil yang kemasannya tidak lebih dari 100 ml. Gunakan kantong serut untuk menyimpan perlengkapan kebersihan. 

Karena kantong serut jelas lebih hemat tempat daripada pouch atau wadah penyimpanan lainnya. Sisa kapasitas pada tas bisa dimanfaatkan untuk barang-barang penting lain, seperti sepatu, pakaian dalam, handuk, kamera, dan sebagainya.

Memisahkan Barang-Barang Penting

Ketika mengikuti prinsip traveling light, sebaiknya kamu menggunakan satu tas selempang (sling bag) kecil untuk barang-barang berharga. Tas tersebut bisa dipakai untuk menyimpan smartphone, dompet, kelengkapan identitas (KTP dan paspor), charger, dan barang-barang penting lainnya. 

Sehingga kamu tak perlu repot-repot merogoh isi ransel ketika mencari barang-barang tersebut. Letakkan tas selempang pada posisi aman supaya mudah dijangkau dan terhindar dari tindak kriminalitas.

Menyiapkan Satu Tas Tenteng Tambahan

Kamu tak perlu terlalu resah bila merasa belum mahir mengemas barang mengikuti prinsip traveling light. Sebab kamu masih bisa menyiapkan solusi lainnya berupa satu tas tenteng tambahan yang bisa dilipat (foldable bag). 

Tas tenteng yang dapat dilipat tidak susah dibawa karena dapat diselipkan di dalam ransel atau tas selempang. Pilihlah tas tenteng berbahan kain atau karung karena teksturnya lebih tebal dan kuat sehingga mampu menampung banyak barang bawaan. Kamu dapat menggunakan tas tenteng tersebut untuk keperluan darurat atau untuk membawa oleh-oleh.

Jika kamu sudah terbiasa melakukan traveling light, pasti kamu tak akan kerepotan mengemas barang-barang saat akan bepergian. Di samping itu, kamu juga bisa menghemat biaya bagasi tambahan di pesawat terbang yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Berbicara soal liburan hemat tentu tak lengkap bila belum membahas promo holiday stays dari Traveloka.

Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Traveloka juga menyiapkan promo menarik di penghujung tahun 2021. Kamu bisa memesan tiket transportasi umum atau booking hotel dan villa dengan penawaran harga menarik. Hobi traveling tak akan bikin kantong jebol kalau kamu bisa merencanakannya dengan cermat dan memilih akomodasi perjalanan terbaik. Traveloka selalu siap menyediakan akomodasi liburan sesuai kebutuhan dan bujetmu.

Jadi, tunggu apalagi?

Yuk, cek dulu website atau aplikasi Traveloka dan manfaatkan penawaran terbaiknya untuk mendukung liburanmu. Selamat menikmati traveling seru yang hemat tanpa barang bawaan merepotkan.

Posting Komentar untuk "Traveling Light: Karena Barang Bawaan Banyak Sudah Ketinggalan Zaman"