Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Keamanan Jaringan itu Sangat Penting?

Keamanan Jaringan - Sebelum membahas mengenai pengertian sistem keamanan, apakah Anda sendiri menyadari mengenai cyber crime yang mengancam Anda setiap hari?

Jangan menganggap remeh kejahatan cyber, sebab data-data yang ada dalam ponsel Anda sekalipun bisa diretas dengan mudah oleh orang yang tak bertanggungjawab.

Apalagi komputer yang berisi banyak sekali data pekerjaan dan data pribadi yang tersimpan di dalamnya, Anda harusmenyediakan sistem keamanan jaringan komputer yang lebih kuat, dan selalu diupgrade secara berkala.

Anda bisa saja tidak menyadari jika komputer yang biasa digunakan setiap hari, ternyata sudah disusupi oleh peretas sehingga data Anda dicuri. Jangan anggap enteng data pribadi yang dicuri, sebab sudah tentu akan digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan. Misalnya untuk pinjaman online ilegal, judi online dan bahkan penipuan.

Apa itu keamanan jaringan? Yakni sebuah sistem yang tugasnya untuk melakukan pencegahan, juga melakkuan identifikasi pada para pengguna ilegal dari jaringan komputer Anda. 

Adapun langkah pencegahan ini fungsinya segera menghentikan penyusup dalam mengakses masuk melalui sistem jaringan dalam komputer Anda. Tujuannya sudah tentu untuk mengantisipasi berbagai ancaman yang berbentuk langsung ataupun tidak langsung yang berpotensi merugikan pemilik data.

Memang tidak ada jaringan komputer yang 100% aman dari penyadapan, akan tetapi Anda bisa mencegah supaya hal itu tidak terjadi pada Anda. Salah satunya tentu dengan meningkatkan sistem keamanan jaringan yang Anda miliki.

Tipe Ancaman Cyber Security

Tipe Ancaman Cyber Security

Apa saja ancaman peretas yang bisa terjadi? Berikut adalah beberapa yang paling sering terjadi. Ada beberapa tipe ancaman yang sering ditemui pada cyber security, apa saja itu? Mari kita bahas berikut dibawah ini:

Interception

Ini adalah sebuah ancaman keamanan jaringan yang terjadi saat ada pihak yang tak sah dan tak memiliki wewenang, bisa mendapatkan hak akses dari informasi penting yang ada dalam komputer seseorang.

Interruption

Yang satu ini merupakan kondisi di mana penyerang sudah dapatkan kses ke dalam sistem seseorang, akan tetapi belum menguasai semuanya. Biasanya administrator masih memiliki akses untuk login ke sistemnya.

Fabrication

Pada kondisi ini penyerang sudah memasukkan objek palsu ke dalam sistem dari target mereka.

Modification

Ini adalah kondisi terakhir di mana penyerang telah merusak semua sistem dan telah mengubah semua sistemnya. Bisa dibilang ini adalah gangguan keamanan jaringan yang paling fatal.

Aspek Pengamanan Jaringan

Aspek Pengamanan Jaringan

Seperti apa itu keamanan jaringan komputer yang ditingkatkan? Berikut adalah beberapa aspek yang harus Anda perhatikan, supaya bisa menjaga sistem keamanan jaringan Anda. Silahkan disimak:

1. Pengamanan yang dilakukan secara fisik

Untuk pengamanan yang dilakukan secara fisik, bisa Anda lakukan dengan perangkat hardware yang Anda miliki di lokasi yang mudah diawasi, namun aman. Pastikan ruangannya juga bersih, bahkan jika perlu Anda bisa memasang AC supaya tak lembap dan berdebu. Kemudian siapkan kunci khusus, supaya tidak banyak orang yang bisa lalu lalang masuk, hanya Anda dan yang berkepentingan saja yang bisa masuk.

2. Pengamanan akses masuk

Supaya tak terjadi penyalahgunaan akses masuk, pastikan sebagai administrator Anda melakukan hal yang seharusnya, yaitu memberikan akses masuk hanya untuk mereka yang berkepentingan. Buatlah username dan password yang tidak pasaran, yang unik sehingga sulit diretas.

3. Pengamanan data

Untuk yang satu ini bisa dilakukan dengan cara memberikan hak akses kepada tiap user terbatas, jadi user tersebut hanya bisa mengakses data tertentu saja sesuai dengan hak akses yang diberikan kepadanya. Khusus untuk data yang sensitif, maka baiknya Anda perkuat dengan password tambahan.

4. Pengamanan komunikasi jaringan

Terakhir, untuk melakukan pengamanan komunikasi jaringan caranya adalah dengan mengamankan semua komunikasi yang terjadi menggunakan kriptografi. Jadi nantinya semua data yang sensitif pun bisa dienkripsi supaya lebih aman ketika dalam proses pengiriman, sampai dengan penerimaan datanya.

Itulah penjelasan singkat mengenai penjelasan sistem jaringan, juga beberapa macam ancaman keamanan jaringan komputer yang bisa saja terjadi pada Anda. Semoga penjelasan mengenai beberapa trik yang bisa dilakukan, untuk menghindari terjadinya penyusupan pada jaringan komputer Anda bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengapa Keamanan Jaringan itu Sangat Penting?"