Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Colocation Server Dan Mode Penyimpanan Terbaik Untuk Dipilih

TanyaIndonesia.com - Buat Anda yang sudah tahu apa itu colocation server, mungkin sudah tak sabar ingin menggunakan jasa tersebut untuk kebutuhan penyimpanan data dan koneksi secara lebih baik.

Tapi, kebingungan baru akan muncul karena ternyata jasa penyimpanan server ini memiliki beberapa jenis dan mode penyimpanan. Ada baiknya Anda juga mengetahui terlebih dahulu informasi lengkapnya. Supaya, jenis yang dipilih tidak salah dan bisa membantu proses pengembangan bisnis di era teknologi informasi saat ini.

Jenis Colocation Server yang Bisa Anda Pilih

Jenis Colocation Server Dan Mode Penyimpanan Terbaik Untuk Dipilih

Ada tiga jenis colocation untuk server yang biasanya tersedia, berdasarkan ukuran server dan lokasi yang diinginkan.

1. Per U

Merupakan jenis colocation yang bisa dipilih berdasarkan unit dimensi server. Sebab dimensi server sangat bervariasi, mulai dari 2U hingga 5U lebih.

Misalnya satu unit pada sebuah rak penyimpanan, dengan posisi yang bisa diatur sesuai kebutuhan Anda atau diserahkan kepada penyedia layanan untuk menempatkannya. Yang penting posisi server Anda aman tanpa masalah.

2. HalfRack

Bisa diartikan penempatan server mengambil tempat setengah bagian rak penyimpanan yang tersedia. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak server sehingga butuh tempat khusus untuk menyimpannya supaya tidak mengalami masalah. Apalagi, kalau kantor yang dimiliki perusahaan tersebut ruangannya sangat terbatas.

Jadi, pada setengah rak tersebut akan diisi oleh perangkat server sebuah perusahaan lengkap dengan semua perangkat tambahan yang mendukungnya.

3. Full Rack

Yaitu ketika Anda menyewa colocation server sebanyak satu rak alias full sebuah rak hanya untuk server tersebut. Sehingga tidak terganggu oleh server lain dan aman dari berbagai masalah.

Biasanya perusahaan besar yang sudah berkembang, memilih jenis ini untuk memaksimalkan fokus pengelolaan server pada satu tempat yang jelas.

Mode Penyimpanan

Sedangkan untuk mode penyimpanannya, terbagi atas dua yaitu penyimpanan menggunakan rak dimana server akan disusun pada sebuah rak besi yang kokoh. Biasanya kondisinya terbuka seperti rak pada umumnya. Mode ini juga tergolong lebih murah dan banyak dimanfaat pemilik server.

Kedua, yaitu mode penyimpanan kabinet. Dimana server Anda akan disimpan pada ruang kabinet khusus dan terpisah dari server lainnya. Alasannya tentu demi keamanan, kestabilan koneksi dan kebutuhan perusahaan untuk menjaga privasi lalu lintas data dari server ke berbagai jaringan internal perusahaan.

Jenis dan Mode Mana yang Terbaik?

Untuk menentukan mana jenis dan mode penyimpanan yang terbaik untuk Anda, maka tentukan beberapa hal berikut ini.

1. Ukuran Server

Anda perlu menentukan terlebih dahulu berapa ukuran server perusahaan Anda, pastikan mengetahui dimensi lebar, tinggi, dan panjangnya. Jadi bisa disesuaikan jenis manakah yang akan dipilih dari colocation yang tersedia.

2. Server Apa?

Pastikan juga apa jenis server yang akan disimpan di tempat penyimpanan tersebut. Apakah server privasi kantor atau server koneksi untuk menjalankan sebuah situs atau website. Dengan begitu, Anda bisa memastikan jenis colocation dan modenya.

Jika berisi informasi privasi, maka sebaiknya ditempatkan pada rak khusus atau kabinet. Sehingga untuk masalah keamanan akan lebih maksimal, tapi memang mungkin biayanya akan lebih mahal ketimbang penempatan pada rak biasa.

3. Layanan yang Dibutuhkan

Begitu juga dengan layanan apa saja yang ingin didapat, dari penyedia layanan colocation untuk server tersebut. Jadi, Anda benar-benar bisa puas memilih jenis dan memanfaatkan layanan yang sudah dipilih tersebut.

Sudah puas dengan informasi seputar jenis dan mode penyimpanan colocation serverdiatas? Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi nexdatacenter.com dan nikmati berbagai macam fasilitas yang bisa Anda dapatkan.

Posting Komentar untuk "Jenis Colocation Server Dan Mode Penyimpanan Terbaik Untuk Dipilih"