Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Salah, Inilah Cara Tepat Merawat Partisi Kantor

TanyaIndonesia.com - Dalam sebuah ruangan kantor, mungkin Anda sering melihat ruangan yang disekat menggunakan pembatas yang tidak terlalu tinggi. Sekat tersebut dinamakan partisi kantor. 

Saat ini, sepertinya partisi tersebut memiliki peran yang cukup penting dan terkadang dijadikan unsur yang wajib ada pada sebuah kantor untuk memaksimalkan ruang yang ada.

Desain dari partisi untuk kantor ini biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan atau tema dari sebuah kantor. Sebelum membeli partisi, memang sangat disarankan untuk memperhatikan ukuran luas ruangan yang akan diberikan partisi tersebut.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari partisi ini? Pada intinya, fungsi utama dari partisi adalah untuk memberikan ruang privasi kepada karyawan yang menempatinya.

Manfaat Partisi Kantor

Manfaat Partisi Kantor

1. Menghemat pengeluaran

Jika dibandingkan dengan membuat dinding permanen, menggunakan partisi memang bisa dikatakan jauh lebih hemat. Hal ini bisa menekan biaya yang dikeluarkan, apalagi jika perusahaan sedang memasuki masa-masa sulit. Margin budget ini kemudian bisa dialokasikan untuk kebutuhan kantor yang lain seperti melakukan perbaikan pada sarana kantor dan sebagainya.

2. Memberikan privasi untuk karyawan

Dalam bekerja, karyawan tentu membutuhkan ruang privat agar bisa fokus dan tidak terganggu dengan lingkungan luar. Di sinilah fungsi partisi terlihat. Selain itu, partisi ini juga dapat mencegah tercampurnya dokumen dari satu karyawan dengan karyawan lain sehingga pekerjaan bisa berlangsung menjadi lebih efektif dan efisien.

Cara Merawat Partisi Kantor

Seperti halnya perabotan kantor yang lain, partisi juga harus mendapatkan perawatan yang tepat agar bisa memiliki daya tahan yang lama dan tetap sedap untuk dipandang jika dijadikan sebagai penghias interior kantor. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap partisi kantor.

1. Membersihkan kotoran yang menempel

Cara paling dasar untuk melakukan perawatan adalah dimulai dari diri sendiri, yakni dari kesadaran karyawan yang menempati partisi tersebut. Salah satu bentuk kesadaran itu adalah dengan tidak membiarkan ada kotoran yang menempel, terutama di bagian meja partisi. Karyawan harus membiasakan untuk selalu membersihkannya setelah selesai bekerja.

Mungkin cara ini bisa dilakukan oleh bagian khusus dari kantor seperti cleaning service. Namun, apabila karyawan memiliki kesadaran tentang kebersihan, hal tersebut akan jauh lebih baik karena setiap karyawan merasa memiliki tanggung jawab masing-masing terhadap ruang kerja mereka masing-masing. Dengan begitu, partisi akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

2. Jangan meletakkan barang berat

Tips ini dikhususkan untuk meja partisi, baik itu berbahan kaca, aluminium, maupun kayu. Jangan terlalu sering atau sebaiknya jangan pernah meletakkan barang yang terlalu berat di atasnya. Setiap partisi sudah didesain khusus dengan kapasitas tertentu. Jika ada beban yang melebihi batas, bukan tidak mungkin partisi tersebut akan cepat rusak karena terlalu lama menahan beban yang berat.

Selain itu, sebaiknya hindari juga kebiasaan untuk menempelkan berbagai kertas di partisi. Hal tersebut karena bisa memberikan dampak negatif terhadap ketahanan partisi kantor untuk jangka waktu yang lama. Dan yang paling penting, hindari juga menyandarkan benda berbahan kaca dengan berat berlebih karena juga akan menyebabkan kerusakan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa keberadaan partisi untuk kantor ini cukup penting dan perawatannya pun juga tergolong mudah. Yang jelas, jika Anda ingin mencari partisi kantor, selalu ingat untuk memilih penyedia yang terpercaya, salah satunya adalah arkadiafurniture.co.id. Di tempat tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai macam partisi sesuai dengan kebutuhan kantor.

Posting Komentar untuk "Jangan Salah, Inilah Cara Tepat Merawat Partisi Kantor"