Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Back End Golang untuk Pemula

TanyaIndonesia.com - Belajar bisa dilakukan di mana saja, termasuk di sini. Yuk intip tips belajar back end golang supaya bisa membangun website yang berkualitas.

Sebagai bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun backend, Golang menjadi salah satu bahasa yang bisa Anda pelajari. Apalagi Go kan didukung Google, dan sudah digunakan oleh banyak perusahaan besar. Jadi lebih menarik lagi pastinya.

Tips Belajar Golang untuk Pemula

Tips Belajar Golang untuk Pemula

Tips ini akan membantu Anda menemukan cara terbaik untuk belajar langsung tentang Bahasa pemrograman Golang. Anda bisa memulainya dengan memahami konsep dasar koding, belajar bahasa pemrograman dari dasar, mengikuti tour of Go, mengikuti kursus Golang, dan bergabung dengan komunitas.

1. Belajar dari 0 dengan memahami konsep dasar koding

Ini penting banget sebelum kenalan dengan bahasa pemrograman Golang, tetapi jika Anda sudah mengetahuinya, silakan langsung skip ke point selanjutnya ya.

Sebelum mempelajari banyak hal tentang pemrograman, wajarnya sih Anda harus menguasai dasarnya dulu. Kenalan dengan variabel yang merupakan angka, karakter string, atau memory addres. Kenalan dengan control structure, syntax, sampai dengan tools untuk menciptakan sampai memelihara suatu program.

2. Belajar dasar bahasa pemrograman

Karena Anda akan belajar bahasa Golang, tidak ada salahnya untuk menggali dasar-dasar Bahasa tersebut di berbagai sumber yang bisa didapat. Misalnya Anda bisa memulai dengan mengikuti tour of Go pada aplikasi Golang yang sudah Anda install.

Pelajari dari hal yang bisa Anda mengerti terlebih dahulu, setelah itu lanjutkan dengan sesuatu yang lebih baru. Tipsnya adalah Anda bisa mempraktikkan tutorial dengan melihatnya, lalu hapus kembali dan buat lagi dengan tanpa melihat tutorialnya.

3. Mengikuti tour of Go

Sebagai awalan, Anda bisa mengikuti tour of Go yang ada pada aplikasinya. Di sana Anda akan diajak untuk mengenal banyak sintaks Golang. Jika Anda sudah pernah belajar sebelumnya, mungkin tidak aneh ketika melihat sintaks yang digunakan ini mirip-mirip dengan Bahasa C dan C++ karena memang sengaja dibuat begitu supaya lebih cepat.

4. Belajar dari Buku

Menambah ilmu bisa dilakukan dari media apa saja. Termasuk dengan memanfaatkan buku tentang koding atau khusus tentang Golang di toko buku terdekat. Beli buku yang sesuai, lalu mulailah belajar sendiri di rumah.

5. Mengikuti Kursus Golang

Guru atau mentor juga penting, apalagi untuk Anda yang tidak punya banyak waktu mempelajarinya secara otodidak. Untuk belajar khusus tentang Bahasa pemrograman Golang. Anda bisa mengambil pelatihan IT terbaik dari Course-Net.

Belajar di Course-Net, Anda akan dipandu dengan sangat intens dengan guru atau coach yang sudah berpengalaman dan seorang praktisi dibidangnya. Tidak perlu khawatir harganya ya. Karena 1x bayar saja, Anda bisa langsung mendapatkan jaminan mampu menguasainya.

Course-Net Indonesia sudah meluluskan banyak orang yang kemudian sudah bekerja pada posisinya sebagai programmer. Dengan sekali biaya tersebut, Anda berhak mendapatkan gaji mulai dari 7 sampai 15 juta dari perusahaan untuk keahlian Anda membuat dan memelihara sebuah program. Wah, menarik bukan?

Sekali bayar itu juga bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pelatihan ulang jika dirasa tidak memahami atau kurang puas dengan pelatihan pertama.

6. Gabung dengan komunitas

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk belajar Golang yaitu dengan bergabung dengan komunitas di media sosial. Sudah banyak kok grup-grup khusus koding, atau khusus bahasa pemrograman tertentu di berbagai media sosial.

Belajar sampai kapanpun tidak ada akhirnya. Karena itu meskipun Anda nanti sudah menguasainya, Anda tetap harus mengasah dan mengupdate informasi terbaru terkait dunia pemrograman yang selalu up to date. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cobalah untuk mengambil pelatihan terbaik yaitu kursus Golang dari Course-Net Indonesia.

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Back End Golang untuk Pemula"