Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

TanyaIndonesia.com - Jika ditanya jenis vitamin apa yang paling banyak diketahui masyarakat, pasti akan menjawab vitamin C. Sebab memang jenis vitamin yang satu ini sudah banyak dikenalkan melalui berbagai media. 

Sudah sejak lama masyarakat mengenal jika vitamin C fungsinya mencolok untuk tubuh dan kulit. Anda hanya perlu mengonsumsi vitamin C secara teratur, sampai akhirnya merasakan sendiri bagaimana dahsyatnya jenis vitamin yang satu ini untuk tubuh dan juga kulit. 

Namun ternyata bukan cuma mampu mempercantik kulit saja, sebab vitamin ini juga memiliki manfaat lainnya yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Apa saja manfaat vitamin C? Silahkan simak berikut ini:

1. Bisa merawat kesehatan

Jika Anda membiasakan diri untuk mengonsumsi vitamin ini sesuai dengan kebutuhan tubuh tiap hari, maka Anda bisa mendapatkan kesehatan tulang rawan, gigi dan juga tulang. 

Tak hanya itu saja, pembuluh darah dan jantung juga akan tetap sehat, Anda pun terhindar dari stroke dan gagal jantung. Bahkan katarak dan penyakit empedu juga bisa dicegah jika Anda rutin mengonsumsi vitamin C.

2. Untuk tingkatkan daya tahan tubuh serta mempercepat pemulihan

Ketika Anda mengalami batuk pilek, kondisi itu bisa segera disembuhkan setelah Anda mencukupi asupan vitamin C harian. Pun sama halnya saat Anda mengalami kelelahan setelah aktivitas berat, jika mengonsumsi vitamin ini maka akan cepat segar kembali. 

Vitamin ini memang perannya penting sekali untuk menyerap zat besi dari makanan yang Anda konsumsi, juga akan membantu sistem kekebalan tubuh supaya terlindungi dari berbagai macam penyakit.

3. Berfungsi sebagai antioksidan

Bukan cuma baik untuk kulit saja, namun juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang akan lindungi tubuh. Utamanya melindungi dari kerusakan yang penyebabnya adalah radikal bebas juga macam-macam bahan kimia yang beracun, contohnya asap rokok. 

Bila Anda membiarkan radikal bebas itu menumpuk, maka efeknya adalah penuaan dini, sakit jantung dan bahkan kanker.

4. Peradangan kulit diatasi

Ada banyak masalah peradangan kulit, misalnya saja jerawat, dermatitis atopik, dan psoriasis. Gejalanya macam-macam, bisa rasa sakit, gatal dan juga kering.

Maka karenanya, jenis perawatan untuk kulit yang meradang targetnya adalah kondisi apa yang menjadi dasarnya, serta memperbaiki struktur epidermis kulit yang mengalami peradangan.

Dengan adanya vitamin C, maka kedua aspek tersebut bisa diatasi. Biasanya vitamin C dimanfaatkan sebagai salah satu formulasi anti peradangan, hebatnya lagi bahkan khasiatnya pun lebih dari sekadar antioksidan inflamasi.

5. Membantu dalam memproduksi kolagen

Kolagen adalah zat alami yang bisa membuat kulit menjadi kencang, kenyal dan lebih lembut. Banyak orang yang sangat menginginkan kulit wajah mereka tetap kencang dan cantik melakukan terapi kolagen.

Namun Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya, cukup dengan memenuhi asupan gizi harian vitamin C dan rasakan manfaatnya tersebut.

Kolagen bukan hanya mengencangkan kulit, namun juga mempercepat proses penyembuhan luka di kulit, mencegah keriput, menjaga keremajaan kulit, mencerahkan dan menunda penuaan.

Buah jeruk adalah salah satu contoh makanan yang mengandung banyak sekali vitamin C, membuatnya jadi superfood yang banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Selain dalam buah, banyak juga bahan makanan lainnya yang bisa membantu dalam pemenuhan vitamin yang satu ini.

Konsumsi vitamin sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan per harinya, jangan dikonsumsi berlebihan sebab bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh Anda. Semua manfaat di atas bisa berbalik menyerang sistem imun jika terlalu banyak mengonsumsinya.

Biasanya vitamin ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang diperkaya vitamin C, akan tetapi bagi Anda yang memiliki kondisi khusus, atau tidak sempat mengonsumsi cukup makanan sehat dan sudah dianjurkan oleh dokter, bisa mengonsumsi suplemen makanan.

Pilih produk dari perusahaan farmasi yang ternama, misalnya saja dari Pyfa Health. Sebuah situs resmi dari Pyridam Farma untuk mempermudah Anda mendapatkan berbagai suplemen makanan dan obat-obatan serta produk kesehatan lain yang berkualitas tinggi. Tenang saja, semua produk yang ada di Pyfa Health sudah tercatat di BPOM dan aman untuk digunakan setiap hari.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit"