Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Soya untuk Tumbuh Kembang Anak

TanyaIndonesia.com - Soya, atau susu soya adalah jenis susu yang didapatkan dari mengolah kacang kedelai. Cara untuk mendapatkannya dengan menggiling kedelai, kemudian direbus dengan dicampur air bersih. Susu kedelai bisa dikonsumsi oleh semua usia, baik itu anak-anak sampai dengan orang dewasa sekalipun. 

Tak hanya susu yang diolah secara tradisional, sekarang juga banyak susu soya yang diolah dengan cara modern serta sudah memiliki tambahan nutrisi. Penambahan aneka nutrisi tersebut tak lain supaya anak-anak bisa mendapatkan lebih banyak asupan gizi dan mineral yang baik. Dengan kecukupan gizi dan nutrisi, maka pertumbuhan anak pun bisa berkembang dengan maksimal.

Beberapa jenis nutrisi yang biasa dimasukkan adalah formula susu soya modern adalah mineral, serat,  asam lemak omega-3 dan  asam lemak omega-6 juga  vitamin. Biasanya dikonsumsi oleh anak di atas usia 1 tahun, yang mana mereka mengalami intoleransi laktosa dan membutuhkan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi.

Susu kedelai menjadi alternatif bagi anak-anak yang memiliki alergi susu sapi, sehingga mereka tetap bisa mendapatkan semua manfaat dari susu sapi tanpa mengalami masalah kesehatan karena alergi. Walau demikian, bukan berarti anak-anak yang tidak alergi dilarang untuk mengonsumsi susu ini. sebab kandungan manfaatnya juga memiliki manfaat yang sama untuk mereka.

4 Manfaat Soya untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut adalah 4 manfaat susu soya yang luar biasa untuk pertumbuhan si kecil: 

Untuk Menjaga Saluran Pencernaan Anak 

Banyaknya kandungan serat di dalam susu soya memiliki fungsi untuk menjaga saluran cerna anak-anak. Seperti yang diketahui, jika serat memiliki peranan besar dalam menjaga jumlah bakteri di dalam usus anak, untuk menjaga kualitas feses dan membuat anak lebih mudah untuk buang air besar setiap harinya.

Sebagai Pendukung Perkembangan Otak 

Dengan adanya kandungan asam lemak omega 3 dan juga omega 6 dengan angka yang tinggi, membuat susu soya direkomendasikan untuk mendukung perkembangan otak anak Anda. 

Dengan gabungan dari dua jenis asam lemak yang ada dalam susu soya, mampu membuat anak mendapatkan pertumbuhan yang maksimal dalam kemampuan kognitifnya. Anak bisa lebih konsentrasi dan memiliki ingatan yang baik.

Sebagai Pendukung Pertumbuhan Tulang 

Adanya kandungan kalsium dan juga vitamin D dalam soya gunanya untuk pertumbuhan tulang, terutama pada anak dalam usia pertumbuhan. Dengan mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka anak bisa mendapatkan tulang yang sehat dan kuat saat mereka dewasa kelak.

Rakhitis juga bisa dihindarkan pada anak dengan asupan kalsium dan vitamin D yang sesuai kebutuhan mereka. 

Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak 

Jika mengonsumsi susu soya dengan kandungan seratnya yang tinggi, maka pertumbuhan bakteri baik pada usus pun akan terjaga. Jika usus anak terjaga, maka ia juga bisa mendapatkan kekebalan tubuh yang baik, sebab semua nutrisi makanan akan terserap dengan sempurna. 

Hanya saja walau soya memiliki banyak sekali manfaat, bagi anak usia emas masih lebih baik untuk mengonsumsi ASI eksklusif. Jika ingin, bisa tetap memberikan susu soya sebagai pendamping ASI saja dan bukan sebagai pengganti ASI bagi anak. 

Namun pada dasarnya jenis susu apapun yang akan diberikan pada si kecil, hal yang harus diperhatikan adalah apakah si kecil sudah terpenuhi nutrisinya? 

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mengetahui seberapa banyak asupan nutrisi yang ia butuhkan dan bisa menyiapkan makanan serta minuman yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya tersebut.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Soya untuk Tumbuh Kembang Anak"