Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan yang Baik untuk Penderita GERD

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD adalah salah satu jenis gangguan dari sistem pencernaan. Karena berhubungan dengan pencernaan, maka sangat penting menjaga makanan untuk penderita GERD ini.

Menu makanan untuk penderita GERD tidak bisa sembarangan. Pasalnya, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa memicu naiknya produksi dari asam lambung yang akan mengakibatkan GERD makin parah.

Pada saat ingin menyiapkan makanan untuk penderita GERD, maka Anda harus mengetahui pantangan makanan untuk penderita GERD untuk memastikan agar GERD tidak kambuh atau bertambah parah.

Beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan makanan untuk penderita GERD antara lain makanan yang tinggi lemak, mengandung bawang, dan juga tomat. Selain itu, minuman yang mengandung kafein dan alkohol juga harus dihindari oleh penderita GERD.

Anda juga harus memperhatikan proses pengolahan masakan tersebut. Sebisa mungkin semua jenis makanan yang digoreng dan dibakar juga menjadi pantangan makanan untuk penderita GERD.

Pantangan Makanan Untuk Penderita GERD

Terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan makanan untuk penderita GERD. Sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan tersebut jika tidak ingin GERD Anda kambuh atau bahkan lebih parah lagi.

1. Makanan dengan Kadar Lemak Tinggi

Pantangan makanan untuk penderita GERD yang pertama adalah makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi. Makanan berlemak ini akan memicu tubuh untuk mengendurkan katup kerongkongan.

Pada saat pantangan makanan untuk penderita GERD ini dilanggar, maka produksi dari asam lambung akan naik dengan cepat dan tentu saja akan menyebabkan GERD Anda akan kabuh, bahkan bisa jadi lebih parah lagi.

Contoh makanan yang termasuk pantangan makanan untuk penderita GERD ini antara lain daging kambing, daging sapi, makanan yang manis, kue, dan juga beberapa jenis minuman yang mengandung lemak, seperti susu dan produk olahannya.

2. Makanan dengan Rasa Asam

Makanan dengan rasa asam juga menjadi pantangan makanan untuk penderita GERD. Hal ini karena asam dari makanan tersebut bisa memicu lambung untuk memproduksi asam lambung berlebih.

Jadi sebisa mungkin makanan dengan rasa asam seperti tomat, citrus, dan jeruk tidak menjadi menu makanan untuk penderita GERD.

Diet untuk GERD


Bagi penderita GERD juga dianjurkan untuk melakukan diet. Tentu saja menu diet untuk GERD ini tetap harus diperhatikan, agar jangan sampai membuat GERD kambuh.

Diet juga menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk bisa mencegah agar GERD tidak kambuh dengan memperhatikan menu makanan untuk penderita GERD.

Makanan untuk Penderita GERD

Makanan untuk Penderita GERD

Bagi penderita GERD tidak perlu khawatir berlebihan, pasalnya masih terdapat banyak jenis makanan untuk penderita GERD yang bisa Anda konsumsi tanpa takut membuat penyakit GERD Anda menjadi kabuh.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi makanan yang baik untuk penderita GERD yang bisa Anda konsumsi secara teratur. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Bahkan beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita GERD seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, dan juga mentimun diketahui bisa menurunkan asam lambung penyebab GERD.

2. Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan yang memiliki kadar asam rendah, seperti pisang, pir, apel, dan juga melon juga bisa menjadi alternatif makanan untuk penderita GERD yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

3. Daging Rendah Lemak

Penderita GERD dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi daging yang memiliki lemak tinggi. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih daging rendah lemak yang makanan yang aman untuk penderita GERD, seperti daging ayam bagian dada, ikan, kalkun, dan juga aneka seafood.

Meskipun beberapa makanan rendah lemak itu merupakan makanan yang aman untuk penderita GERD, namun Anda tidak boleh sembarangan dalam mengolahnya. Sebaiknya hindari mengolah bahan makanan tersebut dengan cara digoreng atau dibakar.

4. Oatmeal

Selain sayuran hijau, oatmeal juga diketahui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga menjadi salah satu makanan sehat untuk penderita GERD.

Salah satu contohnya adalah roti gandum dan juga nasi beras merah. Jadi Anda bisa mulai menyediakan dua makanan tersebut sebagai menu diet untuk GERD.

5. Lemak Sehat

Meski penderita GERD dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, namun ada beberapa makanan berlemak yang menjadi makanan yang aman untuk penderita GERD.

Beberapa contoh makanan yang aman untuk penderita GERD yang mengandung lemak sehat adalah kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, tempe, dan juga tahu.

6. Jahe

Makanan untuk penderita GERD selanjutnya adalah jahe. Selain untuk menghangatkan badan, jahe ternyata juga bermanfaat untuk membantu meringankan gejala GERD, seperti nyeri di dada, mual, perih di lambung, dan juga gangguan pada pernafasan.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi makanan yang aman untuk penderita GERD yang bisa Anda konsumsi tanpa perlu khawatir GERD akan kambuh. Anda bisa mengolh lidah buaya ini menjadi makanan atau minuman.

Penderita GERD harus selalu menjaga pola makannya, jangan sampai GERD Anda kambuh atau bahkan bisa lebih buruk lagi. Sebisa mungkin untuk menyediakan makanan yang aman untuk penderita GERD.

Beruntungnya, terdapat cukup banyak jenis makanan untuk penderita GERD yang bisa Anda konsumsi tanpa rasa was-was GERD Anda akan kambuh.***

Posting Komentar untuk "7 Makanan yang Baik untuk Penderita GERD"