Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Siku Kertas?

Istilah siku kertas, paper angle, atau edge protector sangat sering digunakan dalam bidang pengemasan dan pengiriman barang karena merupakan hal mendasar yang perlu diaplikasikan dalam pengemasan barang. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai siku kertas dan peranannya dalam bidang industri, mari simak pembahasan lebih lanjut berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Siku Kertas?

Apa yang Dimaksud dengan Siku Kertas?

Pengertian dari siku kertas (paper angle) yaitu sebuah produk yang digunakan untuk memberikan perlindungan lebih kepada barang yang akan dikemas dan dikirim baik ke dalam negeri maupun luar negeri. 

Seperti namanya, siku kertas secara khusus akan melindungi bagian siku atau tepian barang yang akan dikemas supaya tidak bergeser dan mengurangi risiko terjadinya kerusakan barang akibat benturan yang terjadi dalam perjalanan.

Ada beberapa jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan siku kertas yang pastinya bisa didaur ulang. Namun yang paling banyak diminati oleh para pelaku industri yaitu bahan core board paper yang dalam pembuatannya menggunakan recycled pulp tanpa adanya penebangan pohon sehingga sangat ramah lingkungan.

Proses pembuatan siku kertas dari core board paper melewati beberapa langkah. Pada tahap pertama, setiap lembaran core board paper dilapisi oleh lem dan disatukan hingga membentuk beberapa lapisan. 

Setelah itu, bagian luarnya akan dilapisi lagi oleh kertas kraft berwarna coklat, emas, atau putih sesuai dengan kebutuhan.

Tidak berhenti di situ, kertas tersebut akan memasuki tahapan press melalui flat protector untuk memastikan bahwa seluruh lapisan telah menyatu dengan baik. 

Setelah lapisan dipastikan menyatu dengan baik, maka kertas pun akan melalui proses forming untuk membentuk siku sembilan puluh derajat, lalu dilakukan pemotongan sesuai dengan ukuran yang diinginkan konsumen. 

Proses pemotongan tersebut merupakan tahapan terakhir dalam pembuatan siku kertas.

Penerapan Siku Kertas dalam Industri

Terdapat beberapa peran penting yang diemban oleh siku kertas dalam bidang industri demi lancarnya kegiatan industri tersebut baik dari segi pemindahan barang maupun pengiriman barang. Peran penting dan penerapan siku kertas (paper angle) dalam bidang industri yaitu:

1. Pemindahan dan Penyimpanan Barang

Peran siku kertas dalam bidang industri terbilang cukup penting karena tanpa adanya produk siku kertas atau paper angle ini, proses pemindahan barang baik pemindahan yang dilakukan di dalam gudang, pemindahan barang ke lokasi yang berbeda, hingga penyimpanan barang akan memiliki risiko besar adanya gesekan yang dapat mempengaruhi kondisi barang tersebut.

2. Syarat Dilakukan Ekspor Barang

Selain itu, pelaku industri biasanya akan melakukan ekspor barang sehingga keamanan barang yang akan dikirim harus terjamin. 

Selain untuk memberi jaminan keamanan, adanya siku kertas sebagai pelindung barang pun juga menjadi salah satu syarat dilakukannya ekspor barang ke luar negeri. Karena itulah kini permintaan akan produk siku kertas terbilang terus meningkat dari waktu ke waktu.

3. Membantu Pelaku Industri dari Berbagai Perusahaan

Konsumen siku kertas yang merupakan pelaku industri biasanya akan berasal dari perusahaan ekspedisi, produsen perabotan rumah tangga, perusahaan dalam bidang otomotif, dan lain sebagainya yang mayoritas memerlukan pengiriman barang dalam karton box. 

Pengiriman dengan karton box akan memerlukan perlindungan lebih, maka dari itu adanya siku kertas pun menjadi pelengkap yang penting dalam proses tersebut.

Siku Kertas Pilihan yang Berkualitas

Siku Kertas Pilihan yang Berkualitas

Untuk memberikan perlindungan yang optimal, maka diperlukan produk siku kertas dengan kualitas yang sangat baik. Maka dari itu, PT. Kemasindo Niaga Sentosa memberikan jaminan kualitas bahan baku yang tinggi. 

Selain itu, produk juga telah melewati beberapa tahapan yang ketat dalam proses pembuatannya sehingga standar kualitas cetak yang dimiliki oleh siku kertas keluaran PT. Kemasindo Niaga Sentosa terbilang cukup tinggi.

Dalam hal ketepatan waktu pengiriman produk yang dipesan pun terjamin aman dan dapat diandalkan. Pengiriman siku kertas dapat dikirimkan ke berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lain sebagainya sehingga dapat menjangkau berbagai jarak dengan baik.

Dengan berbagai keunggulan dan keuntungan serta jaminan kualitas tinggi yang diberikan oleh PT. Kemasindo Niaga Sentosa atas produk unggulan yang telah diproduksi, tentu Anda tidak akan rugi untuk menerapkan pemasangan siku kertas pada produk kesayangan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan perlindungan yang optimal dari produk yang akan Anda kirim, Anda dapat langsung menghubungi kontak yang tertera di bawah ini.

Tel: 021 8248 4085

Wa: 0813 8373 9781

E-mail: [email protected]

Jalan Raya Mampir Km 04 No 27. Desa Mampir, Kecamatan Cileungsi. Kabupaten Bogor. 16820

Posting Komentar untuk "Apa itu Siku Kertas?"