Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghemat Biaya Pembangunan Rumah ala Emporio Architect

TanyaIndonesia.com - Membangun rumah jika tidak didasari dengan ilmu yang benar, maka hanya akan membuat rumah hanya sekedar jadi saja. Tetapi jika dibuat dengan ilmunya, Anda bisa menghemat biaya pembangunan.

Ada tips menghemat biaya pembangunan rumah ala Emporio Architect. Sebagai jasa artsitek rumah terbaik yang karyanya sudah lebih dari 1000 dan dipasarkan sampai ke dunia internasional.

10 Tips Menghemat Biaya Pembangunan Rumah

Tips Menghemat Biaya Pembangunan Rumah

1. Buat Perencanaan Pembangunan

Pada tahapan ini, kita harus merencanakan pembangunan rumah dengan sebaik dan sedetail mungkin. Mulai dengan :
  • Tentukan luas bangunan
  • Jumlah lantai
  • Jumlah ruang
  • Perhitungan rencana anggaran biaya
Untuk pertimbangan yang lebih tepat, Anda bisa menyerahkan pembangunan ini kepada desain atau konsultasi kontraktor berpengalaman. Keuntungannya adalah semua proses desain akan dipersiapkan dengan matang. Termasuk pembiayaannya.

Pentingnya menggunakan jasa arsitektur juga untuk meminimalisir kesalahan membuat desain.

2. Gunakan Desain Style Minimalis

Menghemat dana pembangunan rumah, salah satunya bisa dilakukan dengan memilih desain yang lebih minimalis. Rumah tipe ini juga memiliki sifat yang fungsional dan sederhana.

Di zaman sekarang permintaan desain rumah mewah ini juga cukup diminati. Karena meskipun harganya cukup terjangkau, tetapi hasilnya sangat memukau. Alasan lainnya adalah karena desain minimalis ini lebih mengedepankan fungsi ketimbang kemewahan.

Sehingga nantinya tidak ada bagian sia-sia yang ada di dalam rumah tersebut.

3. Tentukan Bangunan Rumah

Pilihan bisa dijatuhkan kepada rumah yang memiliki bentuk sederhana. Salah satu desain yang sering digunakan untuk menekan anggaran adalah rumah dengan desain persegi atau persegi panjang.

Proses pembuatan rumah seperti ini juga tergolong masih mudah dilakukan, dan tidak akan terlalu banyak mengeluarkan uang.

Jika memilih bangunan rumah yang tingkat kesulitannya tinggi, maka bisa dibayangkan bahwa rumah tersebut pasti meminta biaya yang cukup tinggi. Membuat misi menghemat anggaran pembangunan rumah jadi gagal.

4. Melakukan Survei Harga Bahan

Dengan banyaknya persaingan penyedia bahan bangunan. Tentu membuat persaingan harga pada sektor bisnis ini menjadi lebih menarik. Disarankan untuk Anda mendatangi beberapa toko material untuk mencari tahu harga mana yang cocok dipilih.

Sebaiknya untuk membandingkan harga yang dikeluarkan dengan kualitas bahan bangunan yang disediakan.

5. Memilih Tukang Bangunan Secara Selektif

Tips memilih tukang bangunan yang sesuai .
  • Pilih berdasarkan reputasi dan pengalaman kerja
  • Pilih yang ahli dalam pengerjaan khusus
Dengan pilihan tersebut kita bisa memaksimalkan biaya yang ada untuk hasil yang cukup memuaskan.

6. Membangun Secara Bertahap

Perlu banyak biaya untuk membangun satu rumah dari lahan kosong menjadi bangunan yang berdiri secara kokoh. Jika ingin menggunakan cara yang cukup hemat, Anda bisa memulai membangun secara bertahap.
  • Mulai membangun dari pondasi
  • Pendirian bangunan
  • Pemasangan atap
  • Pemasangan pintu jendela
  • Dan pemasangan keramik atau alas
Semua dana bisa disesuaikan dengan target yang ada.

7. Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Selain harganya yang terjangkau, bahan bangunan lokal juga memiliki ketersediaan yang cukup. Mencarinya tidak perlu jauh-jauh. Biasanya selalu tersedia di toko bangunan terdekat. Bangunan bahan lokal terdiri dari :
  • Kayu
  • Bambu
  • Batu alam
  • Dan lain sebagainya

8. Membuat Ruangan Yang Multifungsi

Sekali membangun sebuah ruangan, Anda bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan potensinya. Misalnya memadukan ruang tamu sekaligus menjadi ruang keluarga. Atau memadukan ruang makan dengan dapur supaya tempatnya lebih efisien.

Hindari pemakaian sekat yang berlebihan untuk ruangan yang sebetulnya lebih cocok tanpa sekat. Seperti ruang keluarga dengan ruang makan dan pintu keluar.

9. Membiarkan Dinding tanpa Finishing

Gunakan variasi semen poles untuk mempersingkat proses finishing. Pada tahapan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar tukang dempul, tukang cat dan lain sebagainya.

10. Menggunakan Atap Baja Ringan

Tips terakhir adalah dengan memilih atap baja ringan. Karena baja ringan merupakan material murah berkualitas dibanding kerangka atap lainnya.

Itulah tips menghemat biaya bangun rumah yang bisa Anda terapkan. Jika Anda membutuhkan jasa arsitek rumah terbaik yang mendesain rumah Anda dan menghitungkan biaya pembuatan hingga siap huni, silahkan hubungi Emporio Architect.

Posting Komentar untuk "Tips Menghemat Biaya Pembangunan Rumah ala Emporio Architect"